Ulysus,
jikalau nkong mu bilang bulan tujuh penggantian musim datang --- Dia mungkin
mengetahui dari pengalaman OTnya   Ini waktu adalah mulai musim taifun dan
hujan besar  kalau tinggal didaerah Fujian/Quangdong. Juga sebelumnya biasanya
kalau diSouth China adalah musim belalang.  Ini belalang bukan seperti belalang
Indonesia tetapi mereka menyerang dgn jutaan dan ladang dlm waktu bbp jam bisa
hancur botak 100%.
[Ini pernah ditulis oleh Pearl S Buck dlm salah satu bukunya -the good earth.]
Juga oleh karena waktu itu aer disawah dilepas dan sawah menjadi kering - hama
tikus meningkat dan penyakit² yg dibawa tikus bisa meyebar. Semua hama² yg oleh
musim dingin populasinya menurun sampai hampir menghilang didalam bulan tujuh
sudag direstorasi menjadi overcrowded. -----  silahkan perhatikan keadaan ini -
juga ada diIndonesia.

Cengbeng / ChingMing biasanya waktu itu para petani sudah selesai dgn persiapan
ladang mereka dan juga sudah selesai dgn penanaman padi atau gandum²an mereka
utk thn tsb. Karena itu mereka melakukan pembersihan kuburan leluhur yg sejak
tahun yl tidak dirawat dan mungkin dlm musim semi  tidak dpt diketemukan
kembali jikalau tidak dibersihkan. Menghormati leluhur memang adalah ajaran
kungTze dan bukan ajaran budha  tetapi saya kira ajaran Kungtze juga bukan
inspirasi of the moment dari dia - kemungkinan sekali sebelumnya sudah ada
tradisi ini mungkin sejak jaman Tsang atau Xia. dan KungTze hanya
incorporasikannya didalam ajaran ketatanegaraan dan kemanusiahannya.

Perayaan Cengbeng biasanya kalau didalam musim gugur dilakukan kembali pada
bulan 9 tgl 9. Di banyak daerah incl. Japan hari ini adalah hari naik gunung
tetapi didaerah yg tidak ada gunungnya biasanya ini juga dilakukan utk
membersihkan dan mempersiapkan kuburan leluhur utk musim dingin.  Waktu ini
jikalau ada sembayang dan makan² antara keluarga panganannya biasanya terdiri
dari ikan asin , sayur asin lapchiong etc pokoknya yg sudah dipreserve dan
sudah disiapkan utk musim dingin.[musim dingin pada umumnya sedikit tanaman dpt
tumbuh.]

Kalau perayaan double 5 atau pehchun -dragon boat festival biasanya tanaman
padi sudah mulai bunting dan sudah dpt kelihatan bakal berhasil atau tidak thn
tsb. Para petani dan keluarganya sekarang banyak waktu dan bisa berwisata.
Mereka juga sudah ada waktu utk bebas dari beban pertanian dan dpt mencari
penghasilan tambahan dgn umpamanya memancing ikanlah atau mencari binatang liar
- hunting etc. Jikalau ini hari dipergunakan utk memperingatkan PM yg bunuh
diri - itu tidak jelek dan memberikan inspirasi.

Makanan yg dipakai utk sembayang dpt kalian sekarang membayangkan sendiri apa
yg dipergunakan. Untuk tahun baru apa, untuk capgomeh apa
Biasanya kalau Dao mereka memakai samseng - udara , aer dan tanah Kalau budhis
mereka tidak makan yg berjiwa etc.
Kalau cengbeng biasanya yg dipergunakan adalah produk musim semie - buah²an
sayur mayur etc.
Kalau duanwu biasanya bacang, atau yg bisa dibawa utk picnic dipergunakan.
Kalau bulan tujuh biasanya bahan produk yg sudah lama disimpan digudang hari
itu dipergunakan utk donasi atau utk makan sebab gudang harus bersih 100% utk
panen baru. Achir bulan tujuh panen baru sudah akan masuk.
Pada bulan 8 tgl 15 - panen sudah selesai dan semacem thanksgiving dirayakan
dan ini diChina disebut mooncake festival - dimana banyak kueh² disajikan. Para
petani merasa diri mereka makmur dan membagikan kemakmuran mereka kekiri dan
kanan. Juga kalau diChina semangka sudah dpt dipanen. -sikua, hamiekua etc,

Di Indonesia ini musim tidak diketemukan jadi sulit dibayangkan betapa
berbedanya keadaan kalau ganti musim. panganan disetiap musim berlainan 100%
dan karena itu utk perayaan menurut calender HuangDi panganan yg diketemukan
juga berlainan. DiJawa setiap hari semua panganan hampir sama jadi sulit
membayangkan perbedaan musim.

Andreas