Pixiu adalah 100% mystical dan tidak pernah ada. Ini mungkin asal dari daerah
Iran Persia jaman dulu dimana mereka memakai symbol ini.  Pixiu adalah binatang
yg kakinya seperti kaki macam/singa kepala seperti singa jantan tetapi dia
bersayap Badan tidak bersisik tetapi seperti bulu anjing atau macan atau bulu
mulus.
Memang barong yg asal HK merupakan seperti PiXiu tetapi sudah dicombinasi dgn
kebiasaan Beijing lion dan South china sai.

Chilin adalah binatang yg bisa berkepala seperti naga dgn 2 tanduk dgn  tanduk
ditengah dan badan bersisik dgn kaki sapi - Ini menurut saya diciptakan dari
badak atau rhino - yg badannya juga pakai panser dan kakinya kurang lebih
seperti ternak sapi  Chilin adalah binatang daratan jadi tidak punya insang.

Beda kepala chilin dan kepala naga hanya adanya insang [gills] dikepala naga -
karena dia binatang aer. Mungkin asal usulnya bentuk naga adalah dari ular
semacem phyton [gambar naga jaman Xia]  Kepala naga mungkin diciptakan dari
ikan zalm atau chinese bilang ikan emas  yg kalau sudah dewasa kepalanya
berubah menjadi seperti kepala naga dan kembali dari laut dan membiak disungai
diatas gunung yg aernya sangat rendah. {chinese mythology] Kemungkinan ini juga
diciptakan berdasarkan seahorse yg bentuknya 80% seperti naga. Ini mungkin
dikombinasi dgn tulang² dari Dinosaurus yg diketemukan dinorthern China. [Semua
binatang ini dipergunakan didalam ilmu chinese herbal medicine]
.
Sai adalah binatang seperti singa jantan tetapi seperti anjing chow chow
diperbesar. Ini sudah saya pernah jelaskan.

Istilah Barong saya kira adalah 100% istilah Indonesia dan asal dari agama
Hindu jawa dan Bali. Ini kepala barong juga dpt diketemukan diTibet dan
merupakan mystical character dari mythology mereka. Barong Bali lebih merupakan
kombinasi chilin dan barong. Badan dan buntut bersisik dan kepala pakai gigi
caling dan tanduk unicorn. [Istilah barong juga dipakai dlm bah. tagalog utk
baju shirt laki²]

Barong dari propinsi selatan - fukien, Taiwan sebetulnya 100% berlainan sekali
dgn say atau chilin, [pixiu] yg sekarang dipergunakan utk kompetisie
international barong. Barong Fukien dan juga barong orang Hakka adalah semacem
topeng yg sangat besar yg dimainkan oleh 2 orang dgn body dari kain. Ini dulu
diBogor dipergunakan utk berkelahi dipanggung sewaktu bulan tujuh sewaktu pesta
rebutan.  Barong² yg disebut barong kichia sebetulnya 100% asal dari tradisi
ini.

Ini yg saya masih ingat dari apa yg diceritakan jaman dulu. Mungkin kalau ada
yg lebih dalam pengetahuannya bisa berikan info lebih mendalam.

Andreas