ibu sofia,
dari penuturan ibu, saya menduga ibu menderita hipertiroid sehingga harus
mendapat terapi PTU.
PTU adalah obat yang digunakan untuk menghambat produksi hormon tiroid oleh
kelenjar tiroid.
Salah satu  keluhan yang sering  timbul dari kondisi hipertiroid ini adalah
penonjolan bola mata (eksopthalmus). apakah pada mata ibu sudah terjadi
peradangan sehingga diberikan obat methylprednisolone?
Methylprednisolone adalah obat anti radang yang penggunaan jangka panjang
dengan dosis tinggi dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan puffiness
of the face. (tentunya jangka panjang yang dimaksud
adalah pemberian di atas 2 minggu)
Sejauh ini tidak ada data mengenai interaksi antara methylprednisolone
dengan PTU, sehingga pemberian
secara bersama-sama tidak saling mengganggu kerja dari masing-masing obat.
Data yang ibu berikan tidak lengkap sehingga saya tidak dapat mengetahui
persis kondisi ibu sekarang, dan tentunya tidak juga bisa memberikan info
mengenai perkembangan kondisi ibu.

smoga bisa membantu,

silvi

Dapatkan informasi kesehatan gratis