Pemeriksaan definitif tuberkulosis atau TBC adalah dgn mendeteksi adany kuman
yaitu dilakukan dengan cara BTA (basil tahan asam)..jika pemeriksaan BTA
menunjukkan nilai positif maka dpt dinyatakan bahwa pasien menderita
tuberkulosis yg teraktivasi,limfadenopathy TB (pembesaran kelenjar getah bening
TB) biasany didahului gejala khas TBC seprti batuk lama,keringat malam,nafsu
mkn berkurang,berat badan turun dn ada riwayat kontak dgn org yg memiliki
gejala yg sama atw yg d nyatakn menderita TB juga..

namun,ada beberapa kasus yg gejala khas tersebut tdk tampak karen kekebalan
tubuh kita msh mentoleransi..yg terjadi terkadang tdk menyadari sedikit demi
sedikit kuman telah teraktivasi dn sdh menyebar ke organ lain trmasuk kelenjar
getah bening..

terapi setelah dinyatakn BTA positif sesuai dgn terapi TBC pada penyakit paru
yaitu pemberian Obat Anti Tuberkulosis (OAT) seperti
rimfapisin,isoniazid,pyrazinamid dn etambutol dmna pngobatan TB ini hingga 6
bulan..yg plng penting complience atw kepatuhan dlm pengobatan yg tdk boleh
terputus...jika fokus infeksi TB sudah terobati maka penyebarn d tmpt lain akan
sembuh dgn sndiriny trmsk pembesaran kelenjar getah bening..

Tatalaksana hrs segera dlm limfadenitis TB (skrofulderma) karena dapat
menyebabkn jaringan parut yg meluas jika pembesaran smakin membesar...

Semoga bermanfaat

Regards,
Ahendyps