--- In fisika_indonesia@yahoogroups.com, "Muhammad Aziz Majidi"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Haryo,
>
> Hati2 dengan penggunaan kata "paling" di situ. Mungkin kata "paling"
> di situ berlaku "lokal" di tempat anda bekerja atau menurut pendapat
> anda, tapi belum tentu berlaku umum di setiap tempat atau menurut
> pendapat banyak orang.

Lha, makanya saya bilang "Menurut saya ...".  "Mereka" itu juga
mengacu pada orang2 yang saya temui, dan bukan orang Israel pada
umumnya.  Sampelnya juga tidak banyak sih, 2-3 orang.  Dan orang2 yang
baik disini juga tidak cuma dari Israel, dari AS tentunya ada, dari
Jerman, Rusia, Prancis, Swedia, Belanda.

Terkait dengan itu, ini dua nasehat yang sebaiknya dipegang
rekan-rekan dari Indonesia.

1.  Selama kita bekerja di lab atau kampus yang bernuansa
internasional, biasakan untuk tidak menanyakan hal2 ini kepada rekan
kerja dari negara lain:  keadaan sosial politik, atau sejarah kelam di
negaranya.   Tanyakan hal-hal seperti musik, bahasa, turisme,
arsitektur, makanan, tapi singkirkan politik atau sejarah kelam.
Orang Jerman belum tentu suka jika ditanyai tentang Nazi, orang Israel
belum tentu suka jika ditanyai soal Palestina, orang Cina belum tentu
suka jika ditanyai tentang Tian An Men, orang Belanda belum tentu suka
jika ditanyai tentang Tanam Paksa.

2.  Jika anda tidak ingin diperlakukan *berbeda dan
didiskriminasikan*, maka jangan *menonjolkan perbedaaan diri anda*
dari orang lain, baik dalam konteks agama, gender, ras, suku, negara,
atau apa saja.  Dari pengalaman saya dengan rekan2 saya disini, saya
tidak pernah sekalipun berusaha mengatakan atau menonjolkan bahwa saya
berbeda karena saya dari Indonesia.  Identitas semacam itu sama sekali
tidak relevan, yang penting adalah bagaimana kita bekerja sama dalam
riset fisika.  Hanya jika mereka memang menanyakan, baru saya jawab.
Saya disini sebagai sesama fisikawan, anggota kolaborasi D0, dan kita
bekerja sama untuk riset fisika.  Period.

Rekan saya dari Israel tadi, sangat terkejut waktu saya menjawab
pertanyaan dia bahwa saya dari Indonesia :)  Tapi karena sejak awal
saya sudah menunjukkan attitude semacam itu, hubungan kerja kami tetap
baik.

So, in conclusion:

If one doesn't want to be judged or discriminated against by your
[insert your favorite attribute here: sex, religion, nationality,
race, ..], then the first person who have to do it is oneself: one
must never think and/or show the attitude that one is special or
deserve special treatment/priviledge because of [insert your favorite
attribute here].
Show that one is special because of one's professionalism, integrity,
and achievements.  Things which everybody have to work hard for, and
simply can't be taken for granted.

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to: