Hallo semua,

Apakah ada yang bisa menginformasikan contact person untuk uji analisa
droplet emulsi dengan coulter counter di Puslitbang LIPI? Saya perlu
mengukur distribusi ukuran droplet (drop size distribution) untuk
emulsi kental dengan rentang ukuran droplet dari 10-100 nm sampai 100
micron. Atau apa ada universitas/layanan analisa sekitaran Jakarta
yang memiliki alat ini?

Terima kasih sebelumnya.

Dan

--- In fisika_indonesia@yahoogroups.com, Ihsan Hariadi <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

>    -------------------------------------------------
>    From   : atmo <[EMAIL PROTECTED]>
>    To     : [EMAIL PROTECTED]
>    Date   : Tue, 5 Sep 2000 16:58:19 +0900
>    Subject: Re: [HFI] blood-cell counter ...
>    -------------------------------------------------
>
>    Kalau yang dimaksud adalah pencacah blood-cell, di Puslitbang Fisika
>    Terapan LIPI, Serpong juga ada , namanya Coulter-Caunter (buatan
Ingris
> [...]
pakai
>    serbuk/butiran latex.
>
>    Prinsip kerja alat tersebut adalah ada celah ukuran mikron yang meng-
>    hubungkan dua elektroda. Kemudian dua lektroda dialiri arus, sehingga
>    apabila ada partikel kecil yang melewati celah mikron tersebut, maka
>    akan merubah arus yang lewat dan ini seterusnya dikonversi ke
tengangan.
>    Kemudian dari tegangan dan lebar pulsa dihitung besaran partikelnya.
>                  ***********************
>    Untuk lebih detail hubungi pemakainya yaitu lab Keramik P3FT,
Serpong.

> [...]
>          tidak begitu stabil, masih bisa ditolerir, asal pada saat
>          yang bersamaan (dan "real time") laju aliran juga diukur
>          oleh sebuah sensor aliran yang presisi dan terkalibrasi.
>          Jadi selalu ada pasangan data :
>
>                             vp, tp
>
>          di mana vp = laju aliran (dalam satuan jarak/waktu )
>                  tp = lebar pulsa (dalam satuan waktu)
>
>          Untuk kasus yang sederhana, maka ukuran "diameter" darah
>          adalah =
>
>                           Dp = vp * tp
>
>          Ada rekan-rekan yang dapat menjelaskan berapa ukuran rata-rata
>          "diameter" sel darah (sel darah merah?).

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to: