Presiden adalah jabatan sipil, tapi presiden dalam konstitusi kita
juga sekaligus merangkap pemimpin tertinggi angkatan bersenjata,
mengangkat dan memberhentikan kepala staf/ panglima TNI dan polri,
memimpin perang, dll. Ini adalah contoh dwifungsi sipil. Seorang
siplil juga bisa diminta untuk wajib militer atau bekerja untuk
kegiatan militer dalam jangka waktu tertentu jika sangat dibutuhkan
sesuai dengan bidang keahliannya. Dengan demikian setiap warga negara
sebenarnya memiliki dwifungsi dan bahkan multifungsi dalam menjalankan
tugas kehidupan bernegara. Tinggal melihat apa keperluan dan
masalahnya serta bagaimana aturannya. Jadi istilah dwifungsi Abri atau
Polri tidak seharusnya muncul.

Apakah ini berarti polri atau militer boleh merangkap jabatan sipil?
Boleh saja kalau aturan membolehkan dan negara sangat memerlukannya.
Tapi aturan kita tidak membolehkannya sehingga anggota TNI dan Polri
yang profesional tentu jangan mencoba untuk melanggar aturan itu.
Untuk keadaan saat ini saya puas dan setuju dengan aturan tsb.  Ini
karena dimasa lalu TNI/Polri cenderung menyalahgunakan jabatan sipil
untuk menguasai sipil, memperkaya diri dan cenderung mengabaikan tugas
utamanya sebagai penjaga keamanan dan ketertiban terdepan negara dan
asyik berpolitik. Kedisiplinan militer misalnya tidak punya korelasi
dengan kedisiplinan dan kejujuran administrasi keuangan. Tidak berarti
sebuah lembaga sipil kalau dipimpin militer lantas keuangannya akan
beres dan korupsi bisa ditekan semimimum mungkin. Tidak pemimpin
militer tidak pemimpin sipil dua-duanya rentan penyelewengan.

TNI/Polri yang sanggup melakukan dwifungsi dalam level tinggi justeru
harus dipertanyakan profesionalismenya. Apakah selama ini tugasnya di
lembaganya sendiri sebegitu ringan dan kurang kerjaan sehingga sanggup
berdwifungsi misalnya jadi menteri atau jadi gubernur  yang juga
sama-sama tugas berat? Atau mungkin Indonesia ini telah kebanyakan
merekrut anggota TNI dan polri sehingga para perwiranya punya banyak
waktu merangkap jabatan di sipil yang begitu berat. Seharusnya mereka
yang melakukan dwifungsi membuktikan dulu bahwa di lembaganya
segalanya sudah bagus dan rapi tidak bermasalah bisa jadi contoh bagi
lembaga lain. Jangan mencoba membenahi bidang lain sementara
dibidangnya sendiri keadaan berantakan. Daripada berdwifungsi lebih
baik disuruh memilih apakah mau terjun ke politik dan pensiun jadi
TNI/polri atau terus di TNI/Polri.

Saya juga meras kurang sreg dengan orang sipil yang punya rangkap
jabatan sampai menjadi orang nomor satu disegala lembaga, segala
organisasi dan segala perusahaan. Seorang pemimpin atau leader yang
bagus tentu mereka yang bisa melahirkan leader-leader lainnya dan bisa
mendelegasikan pekerjaannya  kepada orang lain dan bukan cenderung
dominasi. Orang-orang yang merasa super sendiri tidak akan banyak
membawa benefit khususnya dalam jangka panjang bagi kemajuan negeri
ini.
SH

On 1/2/10, rifky pradana <rifkyp...@yahoo.com> wrote:
> Era saat ini berbeda dengan era sebelumnya.
> Walaupun Presiden yang merupakan Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan serta
> Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata dipegang oleh mantan anggota militer
> (baca:TNI) namun terlihat peran
> Militer/TNI (Tentara Nasional Indonesia)
> tak lagi menonjol dan tak lagi berada di depan seperti yang terjadi pada era
> sebelumnya.
>
> Justru peran Polri (Polisi Republik Indonesia) yang terlihat berada di
> depan dalam hampir seluruh urusan.
>
> Termasuk juga dalam pengaman obyek-obyek vital,
> [...]

Pojok Milis Komunitas Forum Pembaca KOMPAS [FPK] :

1.Milis Komunitas FPK dibuat dan diurus oleh pembaca setia KOMPAS

2.Topik bahasan disarankan bersumber dari http://cetak.kompas.com/ ,
http://kompas.com/ dan http://kompasiana.com/

3.Moderator berhak memuat,menolak dan mengedit E-mail sebelum diteruskan ke
anggota

4.Moderator E-mail: agus.hamonan...@gmail.com agushamonan...@yahoo.co.id

5.Untuk bergabung: forum-pembaca-kompas-subscr...@yahoogroups.com

KOMPAS LINTAS GENERASI