Nama Cikeas rupanya sekarang makin populer sebagai judul buku. Setelah ada
"Gurita Cikeas," sekarang ada lagi buku bertopik Cikeas. Buku karya J.W. Lotz
ini berjudul "Kepungan Yahudi di Cikeas." Saya tahu adanya buku ini karena
kebetulan seorang teman membelinya dan menunjukkan ke saya.

Buku setebal 148 halaman ini diterbitkan oleh Pustaka Solomon
(ww.solomongrup.com) yang beralamat di Jl. Malioboro, Yogyakarta. Edisi I,
Januari 2010, sudah bisa dibeli di toko buku di Jakarta.

Sesudah saya baca sekilas, isinya ternyata tidaklah seseram judul-nya. Ini
jelas bukan buku ilmiah, juga bukan laporan investigasi jurnalistik yang ketat.
Namun, lumayanlah untuk dibaca sekadar sebagai iseng pengisi waktu. Inti
ceritanya, di zaman Soekarno, presiden pertama RI itu disingkirkan karena
berani bersikap tegas melawan kepentingan Yahudi. Tapi sejak Soeharto, dan
terlebih lagi era SBY, pengaruh lobi/kelompok/bisnis/kepentingan Yahudi di
Indonesia justru semakin kuat.

Solomon tampaknya banyak menerbitkan buku-buku berjudul sensasional. Misalnya:
1. Rencana Besar Yahudi di Indonesia
2. Operasi Intelijen & spionase Yahudi Indonesia
3. Cara Menyelamatkan Diri dari Kiamat 2012
4. Wahyu Soekarno Titisan Soeharto Muncul 2014
dan macam-macam lagi....