Jangan diduga komunitas nasrani di AS dan negara-negara barat tidak mengikuti
perkembangan penyegelan gereja di Indonesia. Sebagaimana yang saya tangkap,
jika
ada tindakan-tindakan yang mempersulit komunitas kristen lokal, demikian mereka
menyebutnya, mereka menilai bahwa pemerintahlah  yang
membiarkan tindakan-tindakan itu terjadi.

Dulu Cina melarang kebaktian kristiani. Namun belakang ini aktifitas
kebaktian semakin marak dan  terbuka di sana. Perubahan sikap China terhadap
agama Nasrani tidak lepas dengan agenda George Bush tatkala mengunjungi
Beijing,
yang juga disempatkan olehnya mengikuti suatu misa/kebaktian minggu di Beijing.
Biasa, negara adidaya macam Amerika Serikat selalu menata kunjungan presidennya
seefektif mungkin sebagai sarana untuk memberitahu kehadiran mereka di dunia.

Saya menduga jika Obama datang ke Indonesia dia juga akan beribadah di sini.
Dia
tidak akan mau kalah dengan George Bush.

Bangsa Indonesia  harus dapat melepaskan diri dari kurungan pola pikir
sempit. Kita harus dapat meyakinkan dunia bahwa bangsa kita cukup beradab, dan
tidak menentang nilai agama yang manapun yang ada di muka bumi ini. Kita juga
harus mulai menyadari pentingnya Indonesian Incorporated, agar tidak ada
elemen-elemen bangsa, apakah menurut ras dan agama, merasa tidak aman
mempercayakan dirinya kepada NKRI.