Dear Miliser,

Gw stuju ma pndpt bu MRA ttg prluny evaluasi thd progr2
pmbinaan satkr yg slama ini kta lakukn. Mstiny ada cara2 yg lbh smart spy
satkr2 dpt scepatny mampu jd pmbina utk diriny sndri, ga prlu trgantung trus ma
kta2. Brasil or gagalny pmbinaan mstiny diukur dr tkt kmandirian or tkt
ktrgantungn satkr ma kta utk slesaikn tugas prbndaharaan & lapkeu. Adany
unit2 pmbina internl yg br-lapis2 di kmentrian/lmbaga ntuh mstiny tanda gagalny
keg pmbinaan.

Mnrt gw, pmbinaan is
komunikasi.  Spy efektif n efisien,
pmbinaan bin komunkasi ntuh msti ddesain dg crdas, trmsk in utlilizing ICTny.
Dg prkmbangn ICT yg da skrg ini keg2 pmbinaan model jalan2 or ttap muka ntuh
mstiny dah smakn brkurang bin kuno. Sbalikny, trend pmbinaan model helpdesk mel
fasilitas internet/intranet mstiny makin dminati. Semua praturan, juknis/juklak
n jwbn utk kasus/msalah yg palng sering dtanykn mstiny trsedia n mudah diakses
di internet/intranet. Search engine utk bantu cari topik praturan/msalah mstiny
jg dah siap dpake. Pmrintah kali tinggal nyiapin “jalan tol” spy arus kmunikasi
Lancar, Murah n Bsa Dnikmati ma tman2 kta n satkr2 Di Remote Area.  Gw jamin,
model pmbinaan spt gw ceritain ntuh
past lbh murah n lbh sustainable drpd pmbinaan model Progr Prcpatn Akunt Keu
Pmrinth yg hrs dslesaikn ma tman2 kta di Dit APK.

Yg gw mash pnasarn ntuh sbenarny
trkait ma pmbinaan bend satkr mel pngirimn LPJ bend ke KPPN (pmk 73/2008).
Feeling gw sih, costny mungkn bkal jauh mlejit dbandingkn result/
benefitny.  Slain ntuh, kmrn2 KPPN kan
dah ngash kerjaan ordonateur/admistrasi (trmsk pngkartuan peg) ke satkr, tp
eh.. skrg kok kta mnta (narik lg?) kerjaan satkr (bend?) utk dpriksa ma
KPPN.  Apa kta mo cari kambng item di
psal2 UU Perbend krn d situ ada psl yg bilng bend brtanggjwb scara fungs ke
KBUN (scara strukt k KPA?).  Apa kta iri,
Dit APK boleh bina (rekons) tp kta (Dit PKN) kok ga boleh bina?  Apa smakin
banyk unit yg mo bina past hslny
akn smakn baik? Apa sbaikny Dit PA n jg DJA mestiny jg buat progr BMS (Bina
Masuk Satker)?  Gw tanya2 gt ntuh krn gw
cma pngin ingetn soal ... Cost, Cost n Cost.  Satkr kcil d remote area aja (at
least dr sisi keu) dah repot bangt hrs
rekon tiap bln k KPPN.  Blm trmsk
eksesny.. brupa honor-tim utk Sang Pmbina.  Eh, yg laen2 jg mo ikut2n bkin
progr BMS..  Trus trang, gw cma kuatir klo banykny progr2
BMS ntuh nantny bkal mbuat satkr2 mrasa smakin “dbinasakan”.  Apa gada cara
lain bina satkr yg lbh
trintgrasi, lbh murah, lbh efektif, n lbh crdas?

The key point here is let’s be
smarter in providing best services to satker.  Any comment?

>From Bayu Biru with Love
Ketik B spasi S spasi PBSS…..Be
Smarter in Providing Best Services to Satker…….