Assalaamu 'alaikum

Ada dua kata yang sering bikin orang kejeblos alias terjerumus kepada
kesalahan. Yang kalo dilakukan dengan sengaja berakibat fatal.
-illa (alif kasro, lam tasdid fatha, alif sukun), artinya kecuali.
-ila (alif kasro, lam fatha, alif pendek alias ya' tanpa titik sukun), artinya
ke, kepada.

Penggunaan kata illa (kecuali) yang sangat penting adalah pada kalimat
syahadat, asyhadu anlaa ilaaha illallah.
Tentunya semua tau, kalo artinya adalah saya bersaksi bahwa tiada Tuhan kecuali
Allah.

Banyak yang salah membaca syahadat dengan menyebut kata illa (kecuali) tapi
tanpa tasdid, yang jadinya ila (kepada).
Jadi, kalo diartikan syahadat yang diucapkannya berarti tiada Tuhan kepada
Allah.
Biarpun hal itu dilakukan karena ketidak tahuan atau kehilafan, tentunya hal
itu ngga' bisa terus menerus dibiarkan.

Catatan :
Saya perhatikan hal itu sering sekali terjadi pada saat orang mengumandangkan
azan, terutama di masjid yang muazinnya ngga' ditentuin alias siapa aja bebas
jadi muazin, siapa aja yang duluan.
Oleh karena itu, saya menghimbau kepada temen-temen anggota milis yang
kebetulan sering azan dan seperti itu, atau yang menjadi pengurus DKM di tempat
kerja masing-masing untuk lebih memperhatikan hal ini, yang kelihatannya sepele
tapi sebenernya penting.

Selain itu, yang lebih penting adalah kita review diri kita, dan kita coba
saling mengingatkan kepada kebaikan, jangan-jangan ternyata orangnya diri kita
sendiri.
Jadi, ingetin juga ya kalau saya salah.

Wassalaam