Bung Chan,
Garam dari ladang semestinya dicuci dulu dengan air bersih untuk membuang
impurities yang menempel di kristal garam. Pada pencucian ini hanya dipakai
air dalam jumlah sedikit.
Setelah itu garam dikeringkan dan ditambah jodium dalam bentuk KJO3 untuk
konsumsi.
Ada juga yang mau garam NaCl dengan kemurnian tinggi. Seluruh garam
dilarutkan tepat pada kejenuhannya. Sedikit soda dan Na2CO3 ditambahkan
untuk mengendapkan Mg sebagai Mg(OH)2 dan Ca sebagai CaCO3 yang mudah
mengendap. Setelah disaring, larutan garam diuapkan dengan multiple effect
evaporator dengan stoom dan vacuum. Baru kemudian dikristalkan. Multiple
effect evaporator sangat efficient. Dipakai di pabrik2 gula untuk
menguapkan nira tebu untuk dikristalkan dan di kapal cruise untuk membuat
air minum dan air mandi dengan total crew dan penumpang sampai 7000 orang.
Saya beruntung di cruise terakhir, Holland American Line dapat ijin lihat
pembuatan air minum dari air laut dan diterangkan sendiri oleh kepala
tekniknya, insinyur Belanda. Terus dipesan jangan cerita pada penumpang
lain, karena dia akan kerepotan sedangkan dia urusannya banyak.
Air yang diuapkan, dikondensasikan jadi air dengan pendinginan air laut,
yang jadi panas, yang dipakai sebagai feed. Air ini seperti aqua
destillata, tidak mengandung mineral. Ya, rasanya aneh. Karena itu air ini
dilewatkan dulu ke batu2an mineral, supaya mengandung mineral, jadi rasanya
seperti air dari sumber dan seperti air minum dari Perusahaan Air Minum.
Kalau air seperti Aqua destillata dipakai mandi, sabunnya tidak hilang
hilang, karena kesadahannya nol, tidak mengandung Ca++ dan Mg++ yang dapat
mengendapkan sabun, yang langsung cepat hilang tercuci.

Kirim email ke