Begini Metode Cuci Otak Dokter Terawan
Metode ini sebenarnya merupakanmetode radiologi intervensi
dengan memodifikasi DSA (Digital SubstractionAngiogram).
Tekniknya dilakukan dengan memasukkan kateter ke dalam
pembuluhdarah melalui pangkal paha.

PemecatanDokter Terawan, Para Politikus Bereaksi SELASA,03 APR 2018 16:25
EDITOR: NURUL ADRIYANA SALBIAH JawaPos.com – Dunia medisdihebohkan oleh
pemecatan yang dialami Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp. Rads,dokter militer
sekaligus Direktur Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD)Gatot Subroto.
Metodenya berupa ‘cuci otak’ pasien stroke sudah dikenal duniasebagai
terobosan. Namun metode tersebut dinilai kontroversial. Alhasil, warganet yang
merasa pasien danpernah berobat kepada dokter Terawan pun ikut berkomentar di
media sosial. Takhanya warga biasa, bahkan sejumlah pejabat ikut berkomentar
dan pernahmerasakan manfaat pengobatan tersebut. Salah satunya politikus senior
PartaiGolkar Aburizal Bakrie atau akrab disapa Ical. Ical juga menjelaskan tak
hanyadirinya, tetapi temannya yang lain yang juga negarawan seperti Tri
Sutrisnojuga merasakan manfaat yang sama. “Saya sendiri termasuk yang
merasakanmanfaatnya, juga Pak Tri Sutrisno, SBY, AM Hendropriyono, dan
banyaktokoh/pejabat, juga masyarakat luas. Mudah menemukan testimoni orang
yangtertolong oleh dr Terawan. #SaveDokterTerawan,”tulis Ical di akun
Twitter-nya,Selasa (3/4). Selain Ical, ada juga politisi PartaiGolkar lainnya
yang merupakan putra Agung Laksono, Dave Laksono. “Dr. Terawantelah berhasil
menyelamatkan ribuan nyawa manusia, termasuk sejumlahkeluarga saya. Kenapa IDI
hanya memberi sanksi tanpa solusi! #SaveDokterTerawan,”ujar Dave. Tokoh
lainnya, Mahfud MD juga menyatakankomentarnya terkait pemecatan dokter Terawan.
Menurut Mantan Ketua MahkamahKonstitusi (MK) itu, metoda pengobatan dokter
Terawan sudah memberi manfaatbagi orang banyak. Dia berharap kasus ini selesai
dengan baik. “Saya bukan dokter. Mungkin saja pemecatandokter Terawan oleh IDI
benar. Tetapi saya dan isteri pernah berobat kepada dr.Terawan dan hasilnya
terasa baik. Mudah-mudahan semua berakhir baik,” tutupMahfud. (ika/JPC)

Kirim email ke