Cendol/dawet asal dari pulau Jawa ?
Saya pernah makan cendol dan saoto (soto) di Albert Cuyp
Amsterdam, daerah pasar orang Suriname ( asal jawa).
Gula yang dipakai adalah gula jawa.
Orang2 jawa Suriname kebanyakan asal daerah Bagelen
(Kutoarjo, Purworejo, kebumen).
Dulu orang jawa mula2nya tidak mau kerja buruh kontrak di
Deli, sehingga Belanda datangkan kuli kontrak dari Tiongkok.
Di waktu iu perbudakan sudah dilarang.
Tiongkok yang kalah perang Candu, dipaksa memenuhi tuntutan :
Pemerintah Tiongkok tidak boleh melarang warganya bermigrasi
dengan keluarganya ke negeri lain. Peraturan ini dipaksakan karena
negeri Barat cukup memiliki modal setelah revolusi industri, tetapi
tidak memiliki tenaga kerja setelah dihapusnya perbudakan.
Setelah Belanda memaksakan pembelian tanah raja2 mataram/bupati,
untuk perkebunan, petani-petani tidak punya garapan, jatuh miskin,
terpaksa mau jadi kuli kontrak di Deli, ditransmigrasi ke Suriname dan
New Caledonia.
Buat perkebunan tembakau Deli, jauh lebih murah pakai kuli kontrak
dari jawa daripada  dari Tiongkok, yang harus dibayari ongkos
pelayarannya.

Pada tanggal Jum, 7 Des 2018 pukul 16.47 Jonathan Goeij
jonathango...@yahoo.com [GELORA45] <GELORA45@yahoogroups.com> menulis:

> 'Kerusuhan' antara Malaysia dan Singapura di media sosial soal kepemilikan
> cendol <https://www.bbc.com/indonesia/trensosial-46450860>
>
> 'Kerusuhan' antara Malaysia dan Singapura di media sosial soal kepemilik....
>
> Media sosial dilanda 'kerusuhan' antara warga Malaysia dan Singapura
> setelah CNN Travel menulis bahwa cendol, ya...
> <https://www.bbc.com/indonesia/trensosial-46450860>
>

>    - 5 Desember 2018
>

>    - Bagikan artikel ini dengan Facebook
>    <https://www.bbc.com/indonesia/trensosial-46450860#>
> [...]