2019/09/26 13:53:48 WIB

 Singgung RUU KPK di Simposium, Prabowo: Mungkin Korupsi di RI Menurun

Zunita Putri - detikNews

/Halaman 1 dari 2/

Singgung RUU KPK di Simposium, Prabowo: Mungkin Korupsi di RI MenurunFoto: Ketua Umun Partai Gerindra, Prabowo Subianto, menyampaikan simposium di kediamannya (Zunita-detik)

*Bogor* - Ketua Umun Partai Gerindra, Prabowo Subianto, menyampaikan simposium atau pidato pendek terkait pertumbuhan ekonomi di Hambalang, Bogor. Dalam simposiumnya, Prabowo menyinggung pemerintah melakukan revisi UU KPK.

Awalnya, Prabowo mengatakan cemas dengan situasi ekonomi bangsa Indonesia saat ini, dan masa ke depan. Prabowo pun mengatakan apa saja penyebab ekonomi suatu negara mengalami kehancuran yang dia kutip melalui buku 'The Great Degeneration' karya Niall Fergusson.

Dalam buku Fergusson, Prabowo menyebut sejumlah penyebab yang mengakibatkan ekonomi negara hancur, yaitu karena adanya inflasi, gelembung aset pecah, harga pangan naik, meledaknya jumlah penduduk, bencana alam dan pandemik, dan korupsi.

"Mereka katakan, ancaman terbesar itu inflasi, gelembung aset pecah, ini bukan negara kita ya ini (contoh), ini ekonomi negara X, banyak berdiri di atas kepalsuan, kebohongan, perusahaan A,B, atau C tidak berkembang, pinjam uang di bank, di mark up di glembungnya nilainya hanya Rp 50 miliar ditulis Rp 100 miliar, ke mana Rp 50 miliar? ini gelembung aset suatu saat akan pecah," kata Prabowo saat simposium di Kediamannya, Hambalang, Desa Bojong Koneng, Bogor, Kamis (26/9/2019).

*Baca juga: **Kapolda Jateng Minta Mahasiswa Imbau Agar Pelajar Tidak Ikut Demo* <https://news.detik.com/read/2019/09/26/110928/4722589/1536/kapolda-jateng-minta-mahasiswa-imbau-agar-pelajar-tidak-ikut-demo>

Prabowo melanjutkan ancaman terbesar adalah korupsi. Dia pun menyinggung tindakan pemerintah yang menyetujui UU KPK di revisi.

"Ketika bertanya, bagaimana Indonesia, ada inflasi, ada yang katakan ahli-ahli tertentu, 'oh nggak Indonesia bagus', apakah ada gelembungan aset pecah, artu korupsi ada atau tidak? Mungkin saat ini korupsi sudah menurun ya, makanya dilakukanlah revisi undang-undang. Ya Alhamdulillah lah, kalau korupsi menurun, kita semua terima kasih," kata Prabowo.

Dia pun melanjutkan ancaman terbesar untuk ekonomi selanjutnya adalah harga pangan, pengangguran meningkat dan radikalisme idelologi di Indonesia. Dia mengaku saat ini dalam kondisi khawatir dan cemas dengan situasi ekonomi Indonesia saat ini.

*Baca juga: **RUU KUHP Ditunda: Kumpul Kebo Tidak Dihukum, Hina Presiden Tak Dipidana* <https://news.detik.com/read/2019/09/26/080949/4722347/10/ruu-kuhp-ditunda-kumpul-kebo-tidak-dihukum-hina-presiden-tak-dipidana>

"Karena itu saya merasa cemas, satu, banyak ahli strategi luar negeri mengatakan 'Indonesia not available', 'Indonesia anytime can break up', dan kalau saya bicara itu, saya dibilang pesimis. Kemudian saya nggak bicara pesimis, saya bicara ilmiah makanya diadakan forum ilmiah ini," pungkasnya.
*(zap/rvk)*

//

--
此電子郵件已由 AVG 檢查病毒。