Bung Chan,
Videonya dibuat di bulan Mei 2018. Apa kejadian ini masih
berlangsung terus sampai sekarang? Kalau tak salah ingat,
kotapraja Beijing baru bertindak setelah terjadi kebakaran
di suatu daerah yang banyak migrannya, yang tidak memperhatikan
tindakan pencegahan kebakaran. Kemudian juga ada alasan
kota Beijing terlalu banyak migrannya, ingin supaya sebagian
pindah ke kota2 kecil yang sudah tersedia perumahannya,
atau balik ke desa.
Saya kira kok Beijing tidak punya city planning yang baik. Jadi
setelah persoalan timbul, baru dicari solusinya. Di jaman
Belanda, city planning untuk Batavia sudah ada, dengan jelas
daerah mana harus jadi daerah hijau dll. Ya, migran diijinkan
bangun rumah, gubug sepanjang sungai dan di bandarannya,
menimbulkan probleem banjir, dan akhirnya terpaksa dilakukan
penggusuran, meskipun disediakan rumah susun. Tetapi
ada yang terlalu jauh dari daerah penggusuran awal, tempat
migran tidak jauh dari tempat kerjanya.
Sekarang ini di real estate Jakarta, ada sementara dengan
peraturan tidak boleh untuk buka kost.
Di Jakarta ada gereja besar, dibangun di daerah hijau kalau
menurut city planning jaman Belanda. Kok bisa.....?
Salam,
KH

Op za 16 mei 2020 om 04:58 schreef ChanCT sa...@netvigator.com [GELORA45] <
GELORA45@yahoogroups.com>:

> Apanya habis manis sepah dibuang, ...!!! Ini nenek pengunyah sirih hanya
> ludahnya saja memerah, ... jalan pikirannya masih saja hitaaam! TIDAK
> BERHASIL melihat setiap perubahan, setiap PEMBANGUNAN itu harus MAJUUU
> lebih baik dan lebih baik lagi! Begitu juga pembangunan kota! TIDAK mungkin
> membiarkan rumah-rumah tua BUTUT itu disitu, apalagi tanah kota Beijing
> yang makin lama makin mahal denhgan penambahan jumlah penduduk! Tentu dan
> PASTI harus ada perencanaan menyeluruh, untuk membongkar yang lama dan
> sudah BUUUUTUUUUT itu dibangun yang lebih BAIK!

> [...]

Kirim email ke