Kartu Diskon Berkedok "Voucher"

Saya pemegang kartu kredit Citibank Visa dan MasterCard. Kebetulan
pada 6 November lalu, katanya, saya "terpilih" sebagai salah satu
pemegang kartu kredit Visa dan MasterCard yang beruntung mendapat
voucher gratis. Penawaran itu datang dari Biro Pemasaran Utari
Marketing Service (UMS), yang berkantor di Hotel Wisata
Internasional, Jakarta. Dengan segala bujuk rayu, ini adalah reward
gratis bagi pemegang kartu kredit. Saya merasa dijebak karena
ternyata yang dikirim ke alamat saya adalah kartu diskon. Dan,
ternyata bukan gratis, tetapi disertakan tagihan Rp 499.000. Dua
oknum UMS dengan cara amat persuasif telah menipu saya dengan
menyodorkan tagihan sebesar itu ke Citibank.

Padahal, draf belanja belum saya tanda tangani. Pihak Citibank
berdalih, transaksi itu mirip Internet. Saya kecewa dengan customer
service Citibank NA, karena saya tahu bahwa suami saya pernah
beberapa kali menggunakan transaksi Internet via Citibank, tetapi
selalu disertai draf resmi dari seller dan selalu dikonfirmasi ulang
oleh Citibank. Lagi pula, barang atau jasa yang dibeli di Internet
belum bisa dikirim, atau excuted sebelum pembayaran antarbank kedua
negara cleared. Dalam beberapa kali transaksi Internet oleh suami
saya, kliring pembayaran selalu diawali dengan rekonfirmasi oleh
pihak Citibank untuk memastikan kebenaran data transaksi.

Akan tetapi, kali ini bukan Citibank lagi yang proaktif. Malah saya
sebagai pelanggan sudah berulang membatalkan transaksi, bahkan surat
pembatalan resmi sudah saya kirim. Pihak Citibank minta agar draf
belanja jangan ditandatangani. Setahu saya, yang mengetahui data
saya hanya pihak Citibank. Saya tak pernah menandatangani draf
belanja itu meski pihak UMS telah mengirimkan cardholder copy
(struk) BCA. Namun, tidak pernah saya tanda tangani dan kirimkan,
setelah mengetahui bahwa tawaran itu bukan voucher gratis seperti
dibicarakan semula, tetapi kartu diskon yang harus dibayar sebesar
Rp 499.000.

Dalam melakukan penawaran, pihak UMS mengaku dari Hotel Indonesia
(HI). Ketika saya cek ke HI, ternyata tak pernah mengirim produk apa
pun seperti itu. Pihak HI mengakui pernah ditawari kerja sama untuk
itu, namun sama sekali tak terlibat kartu diskon dengan segala
tagihannya. Mengecewakan pelayanan Citibank yang menyamaratakan
transaksi via telepon dengan Internet. Bagi ibu-ibu rumah tangga
yang belum pengalaman dengan dunia belanja kartu kredit, jangan
menerima tawaran apa pun via telepon. Gunakan kartu kredit untuk
real shopping, atau tanda tangani struk di tempat belanja secara
langsung. Sumijati Jl Kebonkol 32, Regol Wetan, Sumedang 45311

SUMBER: Kompas
Sabtu, 11 Januari 2003

REKOMENDASI MILIS: