Waspadai PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Cianjur   (Kliping SP)

Bapak saya memiliki polis di PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Cianjur
(polis dan surat-surat saya lampirkan, tanggal 26 Maret 1999), dan
saya anaknya adalah sebagai penerima faedahnya. Artinya, jika ayah
saya meninggal, maka saya yang berhak mengklaim asuransi tersebut
tanpa syarat apa pun.

Pembayaran premi dilakukan bapak saya secara tunai setiap tahun
tanpa pernah sekalipun terlambat. Sampai menjelang akhir hayatnya,
bapak saya berpesan bahwa jika beliau meninggal, maka saya harus
segera mengambil klaim asuransi itu.

Tanggal 24 Mei 2003, bapak saya meninggal dunia. Dan dengan niat
untuk melaksanakan amanat almarhum, tanggal 27 Mei 2003 saya segera
mengajukan klaim asuransi tersebut.

Namun, setelah mempelajari polis asuransi tersebut, saya terkejut
bahwa ternyata PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Cianjur telah
memutarbalikkan fakta dengan mengubah tertanggung menjadi nama saya.
Artinya, jika saya meninggal, maka ayah saya yang akan menerima
faedahnya.

Saya langsung meminta konfirmasi dan diterima langsung oleh Kepala
PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Cianjur, sekaligus meminta
pertanggungjawaban kenapa hal ini bisa terjadi. Namun, alangkah
kecewanya saya karena Kepala PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Cianjur
sama sekali tidak mau bertanggung jawab dengan hal ini, bahkan
dengan enteng mengatakan:

1. Bahwa dia (Kepala PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Cianjur baru
saja bekerja di sana, jadi tidak tahu-menahu tentang hal ini.

2. Menawarkan kepada saya untuk melanjutkan pembayaran premi, yang
seharusnya memang tak perlu saya lakukan.

3. Menyuruh saya untuk mencari agen yang telah menawarkan produk
asuransinya kepada bapak saya, yang ternyata diakuinya sendiri telah
dipensiun dini alias dipecat.

4. Mengakui bahwa saat ini ia sedang memperbaiki kecurangan-
kecurangan yang telah dilakukan anak buahnya sejak lama.

Dalam polisnya tercantum bahwa besarnya premi Rp 1.610.070 tiap
tahun selama lima tahun pertama dan Rp 1.533.400 tiap tahun untuk 15
tahun berikutnya. Menurut perhitungan matematis awam, dua puluh (20)
tahun mendatang uang bapak saya sebesar Rp 31.051.350 (tanpa bunga),
tetapi yang tercantum di polis uang asuransi hanya sebesar Rp
11.000.000. Lantas, apa untungnya masuk asuransi seperti itu, yang
ada malah rugi dan ditipu?

Saya sangat kecewa dengan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Cianjur
yang sedikit pun tidak mempunyai rasa tanggung jawab dan tidak
memberikan solusi apa pun. Saya mengimbau agar hal seperti ini tidak
dilakukan lagi kepada siapa pun. ARIE JUWANA INDRYA, Kompleks SMP 2
Gg. Delima 2 No 7, Cianjur 43212

SUMBER: Kompas
Senin, 30 Juni 2003

REKOMENDASI MILIS: