Kita pernah mendiskusikan ttg ini beberapa tahun yang
lalu di milis IAGI.
Setiap Producing oil Co. harus menyisihkan 3 % dari
profit (?) untuk pendidikan.  Kalau belum produksi
maka harus bayar  USD 3,000 pertahun.
dulu duit nya di setor ke BKKA(BPPKA) dst.

Duit ini di pakai untuk membiayai pendidikan dengan
berbagai bentuk, dan yang sering terdengar adalah
melalui pemberian beasiswa ke mahasiswa dalam negeri
(Komite 3) dan pendidikan luar negeri (komite 1).
(saya pernah juga dapat beasiswa ini).  dulu
dipusatkan ke suatu badan di sebut konsorsium bagi
hasil (KBH)
sekarang setiap producing oil co. bisa pilih student
sendiri.

Kalau tidak salah dana ini pernah juga di pakai untuk
pengadaan computer, buku dan penunjang riset lainnya.
diberikan ke ITB (?) dan beberapa universitas lainnya.
Pak Naim tahu ttg ini.

fbs

--- "I Nengah D. Sadiarta" <[EMAIL PROTECTED]>