Kalo saya lihat koq banyak sekali ya serfikat sertifikat yang harus kita
punyai untuk diakui sebagi profesional? (termasuk bagi para dosen dan yang
udah kepala 6 kayak si abah).
Untuk domestik saja ada IATMI, HAGI, IAGI, PERHAPI (?), PII (mungkin) yang
akan mengeluarkan sertifikat. Belum lagi ada AAPG, SEG, SPE dll yang
induknya ada di pamam sam, belum lagi yang ada di aussie dan yang ada di
negara londo and the genk.
Saya pernah mendapat selentingan kalo sertifikatnya dikeluarkan oleh
organisasi yang berinduk di pamam sam, belum tentu orang prancis
mengakuinya 100%, demikian juga sebaliknya,....bener nggak ya info ini???
Nah kalo bener, saya pikir sertifikasi ini hanya berguna untuk memproteksi
diri saja atau menambah ruwet birokrasi. Trus apakah setelah kita punya
sertifikat keluaran domestic langsung diakui oleh dunia luar domestic????
(wong ingsinyur Ina saja hanya disejajarkan dengan bachelor, padahal waktu
tempuh kuliah dan materinya nggak kalah, malah berlebihan bila
dibandingkan dengan keluaran msc luar Ina).
Trus apakah ada ya sertifikat geologi bagi temen temen yang sampe saat ini
kurang beruntung untuk mendapatkan sepotong kuih yang sesuai dengan ilmu
geologi yang dia peroleh dibangku kuliah???
Salam,
Iswani

Kirim email ke