Abah,

fore-arc dan foreland basin sama-sama lahir di era plate-tectonic setting akhir
1960-an dan awal 1970-an, tetapi dari penulis yang berbeda2..

Foreland basins di satu hal bisa overlaps dengan back-arc basins. Lalu, ada
juga pengembangan pengertian untuk foreland basins yang terjadi di sekitar
pertengahan tahun 1990-an. Foreland basins pada awalnya didefinisikan sebagai
cekungan2 muka daratan, cekungan2 di depan massa kontinen yang cratonic. Ke
dalam klasifikasi ini masuk semua cekungan di Sumatra (NSB, CSB, SSB, West
Java, East Java, Barito, Kutei, dll.). Ini mengacu kepada tulisan Soeparjadi et
al. (1975) yang membagi cekungan di SE Asia jadi : outer arc, foreland,
interior cratonic, open shelf on continental margin.

Pertengahan tahun 1990-an, AAPG mengeluarkan sebuah edisi khusus tentang
foreland basins. Kalau dibaca di dalamnya, foreland basins yang dimaksud di
sini adalah yang mengacu ke model di Canadian Rockies, yaitu suatu depresi yang
dibatasi oleh suatu tinggian fold thrust belt (sekaligus provenance sedimen) di
sisi luarnya dan ke depresi itulah sumber sedimen ditumpahkan. Maka, setelah
Barisan naik, semua bagian barat NSB, CSB, SSB akan punya bagian foreland
basins, bukan ?

Tetapi, definisi fore-arc dan foreland cukup rigid perbedaannya sehingga  tak
sulit membedakannya.

salam,
awang

[EMAIL PROTECTED] wrote:
> Pak Ukat dan Awang

Tolong saya mohon pencerahan (sudah agak lupa) apa term forc arc
basin dan foreland basin itu berasal dari theori tektonik yang sama?

Si Abah

Menarik kalau Edo menyebut Bintuni sebagai fore-arc basin. Apakah ini