Pak Awang.

Dalam docudrama tersebut sempat disinggung 1 hal lagi yang memperkuat
eksistensi erupsi 74K gunungapi Toba.
Bahwa dari sudut pandang antropologi,  pada kala Pleistosen akhir terdapat
semacam "bottleneck" dalam populasi manusia purba. Salah satu penyebabnya
diyakini akibat erupsi Toba Volcano tersebut.
Letusan Toba dan materialnya diyakini membuat lapisan asam sulfur yang
bersifat reflektif tertahan di atmosfer bumi selama bertahun2. Apalagi
ditambah dengan lokasinya yang dekat dengan equator, sehingga efek
berkurangnya sinar matahari yang mencapai bumi semakin terasa. Kalau
Tambora terkenal dengan "the year without summer", barangkali Toba
bertanggung jawab terhadap pendinginan iklim bumi yang luar biasa selama
bertahun-tahun, sehingga menyebabkan  kepunahan yang masif dan kelaparan
yang luar biasa untuk semua makhluk hidup. Hal ini menyebabkan pula spesies
manusia yang hampir punah. Hanya beberapa komunitas yang katanya berada di
Afrika yang bisa bertahan dan akhirnya menyebar membentuk ras2 manusia
modern saat ini.

terlepas dari itu semua, film ini memang layak disimak, apalagi untuk
kalangan kebumian

salam,

Ferry

                    Awang Satyana

                    <awangsatyana@       To:     iagi-net@iagi.or.id, [EMAIL
PROTECTED]
                    yahoo.com>           cc:

                                         Subject:     Re: [iagi-net-l]
Supervolcano ! - Supervolcano Toba ?!
                    01/03/2006

                    11:42 PM

                    Please respond

                    to iagi-net

Kita pernah diskusikan tentang "supervolcano" (ini bukan istilah resmi
volkanologi) Toba beberapa bulan yang lalu saat beberapa gunungapi yang
duduk di Sesar Sumatra menggeliat dibangunkan gempa Nias bulan Maret 2005.
Coba cek rangkaian diskusinya di arsip milis IAGI. Saat itu ramai
digunjingkan bahwa Toba akan meletus lagi, suatu kekuatiran yang berlebihan
saya pikir, walaupun bukan sesuatu yang mustahil.

  Magnitude erupsi "Toba volcano" (kita tak pernah saksikan gunungapi Toba
bukan, tinggal danaunya saja) memang suka ditulis yang paling besar dalam
sejuta tahun terakhir ini. Semua letusan gunungapi besar2 di seluruh dunia
sepanjang Kuarter ini (termasuk Tambora, Krakatau, St Helens) bila
digabung, tetap lebih hebat letusan Toba katanya.

  Tetapi, tunggu dulu, tak usah langsung percaya begitu saja sebab kita tak
pernah saksikan Gunungapi Toba meletus, tidak seperti halnya Krakatau 1883,
Tambora 1815, atau St Helens 1980 yang jelas-jelas kehebatan erupsinya
disaksikan manusia dan tercatat dalam sejarah (cek coba tulisan Simon
Winchester, 2003 : Krakatoa, yang memuat dengan sangat detail detik2
letusan Krakatau).

  Kalau erupsi Toba, itu hanya hasil interpretasi orang berdasarkan sebaran
piroklastikanya, abu volkanik yang "terelas"-welded tuff-ignimbrit dan
berdasarkan luas Danau Toba sekarang. Berdasarkan itu, kaldera karena
letusan 74.000 tahun yl (ini didasarkan dating umur endapan ignimbrit Toba)
luasnya 3000 km2 - tentu ini sangat luas, maka suka disebut supervolcano.
Katanya juga tinggi kolom letusannya 50-80 km sampai mempengaruhi
penyerapan sinar Matahari di stratosfer.

  Lalu, ada juga yang menghubungkan letusan Toba 74.000 tahun yl itu dengan
mulainya zaman glasiasi di belahan utara Bumi, tentu ini karena
terhalangnya sinar Matahari oleh piroklastika Toba (misalnya : Dawson, 1992
: Ice Age Earth - Late Quaternary geology and climate, Routledge London).
Hanya, angka ini kebetulan cocok dengan decline summer solar radiation di
rekonstruksi Milankovitch yang 75.000 tahun yl - tapi Milankovitch
menganggap itu karena gerak presisi dan goyangan Bumi, bukan karena erupsi
Toba.

  Memang, cukup menarik, tetapi kita patut berhati-hati untuk membenarkan
suatu interpretasi. Ignimbrit Toba tersebar sampai ke India bahkan Himalaya
pada 74.000 tyl itu, nah tentu kita harus cek-cek dulu.

  salam,
  awang

Alman <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
  Wah menarik sekali resensinya Mas,

Mudah-mudahan di Bandung segera beredar DVD-nya.
Jadi tertarik untuk cari info lebih jauh tentang Supervolcano Toba. Mungkin
ada yang bisa memberi info lebih jauh tentang erupsinya 74K thn yang lalu?
Apakah memang ada bukti-bukti lapangan yang terekam sampai sekarang ?

Alman

On 1/3/06, [EMAIL PROTECTED]
wrote:

> Supervolcano
>

> Satu lagi sebuah film faktual yang mengangkat kedahsyatan dan kekuatan
> sebuah bencana alam, khususnya gunung api/volcano.
>
> Diproduksi oleh BBC London, kombinasi fakta saintifik dan drama yang
> dikemas dalam film ini terasa berbeda dari genre film sejenis produksi
> Hollywood macam Dante's Peak, The Core, Volcano, Twister, dll.
Fakta-fakta