Karena penentuan operator buntu, Exxon ingin menjadi operator dan Pertamina
ingin menjadi operator di lima tahun pertama, sementara produksi dari Cepu
(baca Banyu Urip) harus dipercepat, maka Pemerintah akan turun tangan.
Direncanakan akan ada pemeriksaan berlapis atas semua dokumen yang diajukan
oleh Exxon dan Pertamina. BPMIGAS a.l. akan kebagian memeriksa WP&B yang
diajukan kedua operator tsb. Pertimbangan kewajaran program kerja dan anggaran,
cost recovery, dan pendapatan Negara akan menjadi penilaian.

  Saya pikir, Pemerintah pun akan sulit memutuskan, andai Pertamina ditunjuk
menjadi operator, tentu Exxon tak akan tinggal diam, juga yang di Amerika sana.
Kasus penentuan operator unitisasi Sukowati (tetangganya Banyu Urip) antara
Exxon dan JOB Pertamina-PetroChina; yang ditunjuk Pemerintah adalah JOB
Pertamina-PetroChina, menjadi berlarut-larut akibat Exxon tak menerima
keputusan itu. Dan, Banyu Urip punya cadangan jauh lebih besar dari Sukowati,
maka wajar saja Exxon dan Pertamina berusaha sekeras mungkin sampai akibatnya
buntu.

  salam,
  awang

Rovicky Dwi Putrohari <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
  Koreksi:
Salah satu pembicaranya bukan J.Pane - Pertamina tapi Zuhdi Pane dari
Petrominer. Beliau adalah mantan Kepala BPPKA Pertamina pertengahan 90-an

Salam
Andang Bachtiar
Exploration Think Tank Indonesia

On 2/26/06, Rovicky Dwi Putrohari wrote:
> FYI
> Bagi rekan-rekan domisili di Jakarta yg tertarik tentang Operatorship
> Cepu Block yg kontroversial dan lama berlarut-larut itu. Silahkan
> menyimak di Trijaya FM Radio pada hari Senin 27 February 2006.
>
> Acara Talk Show ini direncanakan akan dihadiri oleh
> - Kardaya - BPMIGAS chairman
> - J Pane - Pertamina
> - Ramson - DPR
>
> Smoga anda dapat berpartisipasi, dan menyebarkan hasil talkshow
> tersebut ke rekan-rekan diluar Jakarta yg tidak sempat mendengarkan
> acara talkshow ini

> [...]

Komisi Sedimentologi (FOSI) : Ratna Asharina
(Ratna.Asharina[at]santos.com)-http://fosi.iagi.or.id
Komisi SDM/Pendidikan : Edy Sunardi(sunardi[at]melsa.net.id)
Komisi Karst : Hanang Samodra(hanang[at]grdc.dpe.go.id)
Komisi Sertifikasi : M. Suryowibowo(soeryo[at]bp.com)
Komisi OTODA : Ridwan Djamaluddin(ridwan[at]bppt.go.id atau [EMAIL PROTECTED]),
Arif Zardi Dahlius(zardi[at]bdg.centrin.net.id)
Komisi Database Geologi : Aria A. Mulhadiono(anugraha[at]centrin.net.id)

Yahoo! Mail
Bring photos to life! New PhotoMail  makes sharing a breeze.

Kirim email ke