  Mino

  Menurut saya , apapun kalau memang akan memberikan suatu informasi
  yang akan membantu menerangkan sebab-sebab dari terjadinya peristiwa
  ini harus tetap dilakukan!!!!
  Tentunya akan banyak kemungkinan kemungkinan , tapi dengan banyaknya
  analisa ilmiah dan objektif tentunya keputusan "apa penyebab-nya "
  akan memiliki kadar "kebenaran" yang lebih dapat diterima oleh masyarakat.
  Pada diskusi sebelumnya telah jelas bahwa yang memacu terjadinya ekstrusi
  lumpur kemungkinan adalah gempa dan adanya "internal blow out".
  Dari awal si Abah cenderung yang kedua, tapi apakah itu benar , nah
  simulasi akan merupakan salah satu tool untuk membuktikan.

  ITU JUGA KALAU MEMANG PENJELASAN SCIENTIFIC DIPERLUKAN !!!!

  Komentar :
  Tong kitu Mino ! Sangat diperlukan untuk memberikan pencerahan kepada
  masyarakat , terutama masyarakat yang tengah digelapkan oleh prasangka,
  irihati ,dan kebencian .
  Juga untuk memberikan keterangan kepada Penyidik sebagai bahan informasi
  nanti dipengadilan.
  (Ingat bahwa kasus ini tidak akan berhenti dengan dapat diatasi-nya
  ekstrusi dan selesai-nya ganti rugi), hal ini sebaiknya kita bahas
  dalam bagian lain.

  Si- Abah.

  Menurut saya karena failure adalah masalah mekanik sudah seharusnya
> [...]
> berada dalam keadaan kritis.  Dimana perubahan nilai stress tertentu (Sv,
> Shmax, Shmin) dapat menyebabkan failure.  Semoga ini juga sudah dilakukan
> dan bukan suatu hal yang baru, walaupun saya belum lihat disetiap
> penjelasan
> yang ada. Saya pikir ini sangat kritikal untuk mengetahui penyebab failure
> dengan lebih kuantitatif dan sederhana yaitu masalah mekanik. Saya pikir
> sekarang waktunya untuk mentest setiap model-2  yang sudah diberikan oleh
> beberapa rekan kita (i.e. Awang). Itu juga kalau memang penjelasan

>>> bounching. Jadi, mohon maaf kalau belum sempat cawe-cawe ikutan

>>> (30%
>>> x

>>> e.1. kill the natural venting by drilling relieve well and disposed
>>> e.2. control surface venting by drilling & producing the mud close to