dari kemaren pengen ikutan nimbrung tapi kudu ngejar setoran jadi nggak
sempet sempet .... maklum kroco mumet .....
lagi ngerjain apa Ki ?... Ghawar ?

di daerah yang dioperasiin co tempat aku kerja (diutaranya dikit dari field
yang dioperasiin QP, ditimur rada jauh Ghawar)  seismic data diutak atik
nggak  memberikan informasi yang berguna ....sekarang lagi diproses ulang
lagi mau diinversi .....pusing tujuh keliling karena perangkapnya strat
...... maunya sih bisa ngeliat batas porosity dengan informasi seismic
supaya bisa ngitung igip sehingga bisa ancang ancang mau gimana pod nya dan
berapa duit yang harus keluar .....

problem dari seismic data di daerah sana   adalah hadirnya multiple antar
bed (dari lapisan lapisan carbonate) , memodelkan multiple kayak gini kan
sulit, akibatnya si multiple ini nggak pernah bisa sepenuhnya diangkat dari
data seismik, doi mentuning kian kemari sama real data, sehingga amplitude
nggak bisa dipercaya ..... kalau amplitude nggak bisa dipercaya  inversi
juga gimana mempercayainya .....mau dia  rel ataupun absolut .....

untuk simultaneous inversion, kita perlu shear sonic dan data seismic yang
bagus ...... artinya kalau data seismicnya  kita bikin substacks (karena
simulatneous inversion jalannya disubstack) pertama substacknya  mesti
cukup lengkap sampai dengan degree yang cukup besar pada target area (kalau
sampai 20 saja aku kira kurang lengkap....mending pake AI inversion aja)
kemudian substack   substack ini nggak boleh terlalu berbeda qualitynya (
karena hasil akhir inversi dipengaruhi oleh freq dan quality offset yang
paling jauh yang dipakai dalam proses).....

eh ngomong ngomong setahuku AVO effect nggak jalan di carbonate jadi mau
ngapain pake simultaneous inversion (yang pada dasarnya  mengandalkan AVO
effect dalam data kita) .... sebaiknya Oki baca  dulu deh laporan study
elastic behaviour rock difield tersebut ..... terhadap elastic property apa
dia sensitive .....

He he he .... sorry ya kalau jawabannya nggak membantu ..... Frans, Leo dan
Budiman yang jagoan inversion mungkin bisa nambahan komentar .....

O iya nanti  aku ringkaskan study porosity pada lapangan yang diutara QP
itu lewat japri ke Oki .... laporannya ada disuatu tempat didalam cubicle
ku ....mesti nyari dulu .....

salam
riza

|---------+---------------------------->
|         |           Franciscus B     |
|         |           Sinartio         |
|         |           <[EMAIL PROTECTED]|
|         |           .com>            |
|         |                            |
|         |           01/23/2007 06:30 |
|         |           AM               |
|         |           Please respond to|
|         |           iagi-net         |
|         |                            |
|---------+---------------------------->

>-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------|
  |

  |       To:       iagi-net@iagi.or.id
                                                |
  |       cc:
                                                |
  |       Subject:  Re: [iagi-net-l] Relative vs. Inverted Impedance
                                                |

>-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------|

Justru itu diperlukan qualitative interpretation nya dulu.  kalau bisa
interpretasi dimana adanya carbonatenya dulu.
kalau perlu pake seismic geomorphology, untuk interpretasi.
kalau bisa pake relative AI yang bukan dari scaling absolute impedance.
contoh yang paling robust adalah color inversion yang diperkenalkan oleh BP
pertama kalinya.
sekarang sudah banyak software yang punya.  malahan program interpretasi
pun kayak seiswork dan Petrel sudah punya relative AI yang bukan dari
scaling absolute AI.
jadi sebelum kasih vendor untuk di inversi.  bikin PR dulu. interpretasi
dulu boundaries nya selengkap mungkin kalau bisa.
Pasti Budiman punya banyak pengalaman harus bikin interpretasi boundaries
nya lagi selama kerja di Jason.
kitakan tahu interpretasi qualitative sering sangat subjective,  nah
sebaiknya kerjakan sendiri.
tapi di milis yang lain,ada yang beritahu bahwa top carbonate dari suatu
lapangan yang sangat terkenal yang pernah Oki kerjain juga tidak bisa
kelihatan top carbonate nya.
mungkin saja karena property (rockphysics) shale nya mirip dengan property
Carbonate nya yang terisi gas.  tapi apakah sering kayak gini atau karena
kebetulan carbonate tersebut berada di tempat yang cukup dalam,entahlah....

pertanyaan Oki berikut nya tentang conversi ke porosity sebaiknya cek
X-plot antar well data(porosity)  dengan seismic AI (biasanya bertahap
porosity vs well AI, lalu well AI vs seismic AI).
periksa apakah pakai total porosity, seismic hanya bisa lihat total
porosity.  pake cara lain untuk conversi dari total porosity ke effective
porosity, walaupun X-plot nya kasih lihat adanya korelasi yang bagus antar
effective porosity dengan AI.
kalau konversi dari total porosity ke effective porosity biasanya pake data
engineering di well, dan dianggap hubungan nya sama secara lateral (jadi
diperhatikan total porosity nya, kedalamannya, tekanan nya dst).  mungkin
ada yang biasa pakai bisa bagi2 ilmu disini.
di TimTeng ada Adi Trianto yang sudah biasa pakai konversi ini.  bisa tukar
pendapat.

kalau punya data S-wave memang sebaiknya dipakai juga, apalagi kalau x-plot
menyatakan diperlukan terutama untuk fluid characterization nya, tapi kalau
mau hitung porosity sebaiknya pakai AI saja.

kalau permeability   . . . . . . . . . .  .  jangan cari kambing hitam lah
ke seismik, nanti seismik nya disalahin kalau model nya ngaco.  belum sampe
sana sementara ini, kalau ada pasti lebih banyak kebetulannya,dan akan
berubah2 setelah ada data baru.  tapi sudah banyak yang claim sudah bisa
loh.....
ada yang bisa bagi2 ilmu?
(catatan:  selama kita masih pake isotropic property dari seismik, maka
besaran vektor kayak permeability masih belum bisa direpresentasikan dengan
tepat di seismik)

mudah2an ada gunanya.

fbs