wah, ternyata subyek sudah bergeser. jadi perkenankan saya utk
menggantinya. subyek ini, termasuk ipk dll, pernah beberapa kali kita
diskusikan. dan selalu, terbentur dengan cara apa selain ipk sbg
langkah awal yg efektif utk menyaring alias seleksi dalam perekrutan
karyawan sebuah kumpeni.

jadi, tidak usah berpanjang-lebar dg rencana ipa utk merekrut mhs di
cekungan ombilin. seperti kata hasan, berpikir positiplah.

kalo mau meneruskan diskusi soal ipk dll ini, ayo kita lanjutkan tanpa
mengikutkan subyek ipa lagi.

semoga bermanfaat dan tidak menyinggung pihak mana pun.

salam,
syaiful