    Mas Maryanto

Bener , sebelum jadi FKIP namanya PTPG , tempatnya di Villa Isola ,
bekas  villa-nya
    orang Belanda.

     Saya jadi ingin tahu , bapak/ibu guru
sekarang  lulusan mana saja ya.

     Terima
kasih.

   Abah,
> Wah
banyak bisa crita jaman dulu itu. Menarik. Saya hanya baca sejarah
> saja.
>
> UPI, berdir 1954 di Bandung. Awalnya
PTPG "perguruan Tinggi Pendidikan
> Guru" di gedung
Villa Isola, metamorfose jadi Bumi Siliwangi. Di bawahi
> seorang
dekan, ada jurusan : Ilmu pendidikan, Ilmu Pendidikan Jasmani,

Bhs dan Kesustraan Indonesai, Bhs dan sastra inggris, Sejarah Budaya,
> Pasti Alam, Ekonomi dan Hukum negara, dan Balai Pendidikan.
>
> UNPAD lahir 1958, setahun sebelum ITm Institute
Tehnologi mBandung (eh
> ITB), maka PTPG jadi fakultasnya sebagai
FKIP. Th 1961 lahir IPG
> "Institute Pendidikan Guru".
Weaa, h dualisme pendidikan guru itu di
> gabung, jadilah 1963
IKIP "Institute Keguruan dan Ilmu Pendidikan"
> Bandung.
Sementara di Yogya, Fak Paedagogik UGM, yang lahir 1951, dua

tahun setelah UGM berdiri, maka 1963 juga berdiri jadilah IKIP

Ngayojokarto Hadiningrat.

> IKIP Bandung jadi IKIP
pembina, dirikan di mana-mana kota: termasuk
> Aceh, Palangkaraya,
Palembang, Banjarmasin. Banyak IKIP kemudian. Ada
> Semarang,
Surabaya, Makasar, Malang, dll. Mencetak guru. Kini, telah

banyak tersedia guru, jadi semua ganti menjadi universitas. Dari

merekalah kita pintar.

> Ya guru terus diperlukan.
Dimana saja, kalau ada guru, jadilah jauh
> lebih efektif. Ya
kayak dulu, semula hanya tukang cacar, lalu mantri,
> lalu dokter.
Separalel itu, dulu hanya ST, lalu STM, lalu "tukang

insinyur".

> Gabungan semua tukang-tukang
insinyur, juga disiplin lain, ini menjadi
> apa ? Ya filosof.
Sudah  disinikah kita ?