Kenapa sekarang kita cenderung membuat digital proceeding tanpa buku
proceeding-nya. Kalau bagi saya Buku Proceeding itu berarti sesuatu yang
lain,  sama seperti membaca Krakatoa dari digital file dengan memiliki
bukunya beda rasanya. Apa biaya pembuatan buku proceeding ini mahal sekali
ya,..?

cp

             basuki puspoputro
             <[EMAIL PROTECTED]
             com>                                                       To
                                       iagi-net@iagi.or.id
             04/12/2007 08:44                                           cc
             AM
                                                                   Subject
                                       RE: [iagi-net-l] IAGI Proceeding -
             Please respond to         Digital
             <[EMAIL PROTECTED]
                   .id>

Pak Awang,

kalau memang IAGI membutuhkan saya memilki beberapa proceeding kuno dan
bersedia meminjamkannya untuk di scan. Persyaratannya sederhana, yaitu
dijamin tidak akan hilang. Maklum, sudah lama saya pakai bantal, sesekali
dibuka kalau ada informasi yang dicari.

Salam,
Yangkung

Awang Harun Satyana <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
 Digital proceedings IAGI sudah ada secara rutin sejak JCJ (joint
 convention Jakarta) 2003, yaitu sejak tidak lagi dibagikannya buku
 proceedings kepada para peserta PIT. Digital proceedings dalam bentuk 1 CD
 ada tersedia untuk PIT tahun 2003 (Jakarta), 2004 (Bandung), 2005 (JCS –
 Surabaya), dan 2006 (Pekanbaru). Kalau Aris bilang ada juga yang 1999
 mungkin itu yang pertama kalinya (tetapi bukan satu2nya), sebab tahun 2000
 (Bandung), 2001 (Yogya) dan 2002 (Surabaya) setahu saya tidak ada digital
 proceedingsnya.

 Yang agak sulit adalah menemukan buku proceedings sebelum tahun 1990,
 lebih sulit lagi antara 1980-1990, makin sulit lagi antara tahun
 1970-1980, makin lama umurnya makin sulit. Sulit di sini adalah sulit
 secara terbuka, saya yakin bapak2 senior ahli geologi secara individual
 masih menyimpannya, mungkin yang edisi pertamanya pun.

 Kalau IPA sudah bisa membuat DVD digital publications-nya untuk semua
 publikasinya sejak 1972 (proceedings, atlas, field trip guide, dan semua
 publikasinya), dan AAPG bahkan bisa mendigitalkan publikasinya dari tahun
 1910-an, tak akan sulit buat IAGI sebenarnya untuk membuat proceedings
 digital itu. Tinggal mengumpulkan semua publikasi proceedings, menghimbau
 yang punya publikasi2 lama untuk meminjamkan, kemudian melakukan scanning,
 dsb pekerjaan komputer, maka bisa diterbitkan proceedings digital IAGI
 tersebut sejak yang pertama. Sederhana, namun kenyataannya tak akan
 segampang itu.

 IPA kurang lebih setahun mengontrakkan pekerjaan itu kepada AAPG dan DVD
 publikasi IPA baru saja diterbitkan.

 Publikasi sangat penting sebagai record penelitian dan dasar penelitian
 lebih lanjut, mestinya sejak awal sudah dipikirkan untuk mengarsipnya
 dengan baik, hanya tak mudah memang. Dulu ada beberapa rekan milis IAGI
 (mis Minarwan di Melbourne) yang mencoba membuat katalog judul2 paper di
 proceedings IAGI, tetapi masih banyak ruang kosongnya akibat sulitnya
 mencari proceedings lama.

 Mesti dicari solusi untuk membuat IAGI proceedings digital sejak edisi
 pertamanya.

 Salam,
 awang