Mungkin bisa dicetak terbatas untuk company atau perpustakaan begitu, atau
kalau ada yang mau pesan (tapi kalau harganya sejuta mungkin hanya legiun
asing kali ya yang mau beli).

Kalau Pak Awang baca Krakatoa sambil membayangkan Jawa tahun 1800 an,saya
sebaliknya. Karena bacanya di kapal seismik dimana seminggu sebelumnya
Senopati tenggelam, saya jadi agak freaky membayangkan ombak
bergulung-gulung.

cp

             "Awang Harun
             Satyana"
             <[EMAIL PROTECTED]                                          To
             om>                       <[EMAIL PROTECTED]>
                                                                        cc
             04/12/2007 01:23
             PM                                                    Subject
                                       RE: [iagi-net-l] IAGI Proceeding -
                                       Digital
             Please respond to
             <[EMAIL PROTECTED]
                   .id>

Biaya pembuatan buku proceedings memang mahal, apalagi yang penuh warna,
maka sekarang ini banyak panitia Seminar tak melakukan pencetakan, dengan
CD tentu jauh lebih murah dan bisa digandakan dalam hitungan beberapa
menit. Proceedings PIT IAGI terakhir dicetak 2003, itu pun kalau ada yang
memesan. IPA pun mulai tahun ini begitu juga : printing by order. Harga
proceedings yang warna 1 jilid sudah sekitar Rp 1 juta rupiah, tentu banyak
yang memilih beli CD kosong Rp 3000 atau lebih murah dan mengcopy dari
teman yang punya CD proceedings - ini belum berbicara copyright.

Menggunakan CD dan buku proceedings sama tetapi juga berbeda. Untuk membuka
CD tentu perlu komputer, kalau buku bisa dibaca di mana saja tanpa perlu
komputer. Tetapi bisa juga kan paper di CD kita print saja dan kita baca
sambil tiduran. Hanya kualitas gambar di CD (dalam pdf) yang kita crop/copy
tak akan lebih baik daripada print-nya yang discan dengan resolusi tinggi
dari buku proceedings.

Membaca buku Simon Winchester "Krakatoa" jelas lebih mengasyikkan
dibandingkan membaca digital file-nya, apalagi edisi aslinya, terbitan
Inggris, yang hard cover dan berkertas agak tebal dan sedikit kasar warna
jerami (sengaja dibuat begitu karena ini buku historis), makin nikmat kalau
ditemani secangkir kopi...sambil membayangkan Jawa tahun 1880an..hmm...

Salam,
awang