Saudara para pakar gempa yang budiman,
Saya coba ngeplot posisi gempa tgl. 9/8/07 berdasarkan atas laporan BMG dan
USGS. Keduanya hampir sama. Untuk itu saya merujuk buku kuning "Gravity and
Geological Studies in Jawa, Indonesia", 1978 terbitan Direktorat Geologi.
Editor ialah M. Untung dan Y. Sato. Dari penafsiran data gayaberat hasil
pengamatan langsung di lapangan ditemukan sesar dari selatan Cirebon membentang
kearah barat-barat laut ( west-west north). Saya duga sesar tersebut melanjut
ke laut. Gempa tgl. 9/8 di laut berada di sesar tersebut kira-kira 100 km timur
dari Jakarta dan juga 100 km barat dari Cirebon  dan hanya beberapa puluh km
dari pantai pada kedalaman, menurut laporan, 286 km yaitu di astenosfer.
Benarkah laporan ini?  Kalau buku tersebut ada pada anda, tolong di lihat. Di
perustakaan PSG mudah-mudahan masih ada. Kita masih besyukur gempa tidak sangat
besar (9 SR). Peristiwa ini sangat baik untuk penelitian yang mendalam.
Sekian. Terimakasih.
M. Untung

Kirim email ke