Pak Wikan,

Batas timur Cekungan Sibolga dalam tipe forearc basin Dickinson dan Seely
(1979) merupakan bagian bernama "Intra-Massif Basin". Model stratigrafi arc
massif ini adalah mirip sebagai intra-montana basin; urutan sedimennya bisa
disebandingkan dengan Ombilin Basin yang bisa mempunyai fase ritfing,
post-rifting, dan sagging. Saya pikir yang pernah diselidiki Pak Wikan di
lapangan antara Sibolga dan Aceh Barat itu adalah bagian intra-massif yang
menjadi batas timur sistem forearc basin Sibolga.

Cekungan forearc basin Sibolga di offshore saya pikir bukan poly-history basin.
Cekungannya hanya berisi sedimen Neogen, sedimen pre-Neogennya terlipat kuat,
sebagian termetamorfosa, dan telah mengalami tectonic overprinting beberapa
kali karena posisinya yang selalu di batas aktif lempeng sejak Late Jurassic
menjadi tempat collision dan accretion Woyla oceanic crust dan accretionary
prism yang berhubungan.

Saya tak yakin mekanisme rifting terjadi di oceanic crust yang mengakresi
Sibolga pada pra-Tersier sebab ia bukan pada posisi passive margin pada saat
itu dan umumnya rifting harus mulai di kontinen dan berakhir dengan sea floor
spreading yang memunculkan oceanic crust. Sekalipun ada rifting di oceanic
crust Woyla atau di accretionary prism-nya di bawah Sibolga maka saya tak yakin
ada model syn-rift Pematang yang lakustrin atau Talang Akar yang fluviodeltaic
sebab pada saat itu pun Sibolga telah jauh di posisi distal laut terbuka.

Artinya, source rocks yang mungkin hanya marine shales Early-Late Miocene yang
diendapkan dalam suasana oxic sehingga gas prone lebih memungkinkan
dibandingkan oil prone. Marine shales bisa oil prone asal ia sapropelic dan
anoxic. Untuk anoxic maka lingkungannya harus berupa laguna atau silled basin.
Bila menginginkan itu, maka harus direkonstruksi paleo-tektoniknya apakah pada
Miocene itu ada barrier dari outer arc ridge seperti Pulau Simeulue sekarang.
Sementara ini saya menganggap lingkungan Sibolga saat itu berupa open oxic
basin yang didominasi marine shales yang juga merupakan starved basin karena
terlalu jauh dari provenance sedimen delta Irrawady di Myanmar. Counterpart
Cekungan Sibolga Basin di Myanmar yaitu Central Basin pada saat itu masih
didominasi deltaic-shallow marine sands.

Bila ada oil seeps ditemukan di batas timur Sibolga forearc, itu tak
mengindikasikan bahwa minyak digenerasi di Sibolga basin; minyak itu berasal
dari intra-massif basin yang membatasi tepi timur Sibolga. Isotop deuterium dan
karbon-13 biogenic gas di enam sumur gas di Sibolga basin yang dibor Union
(Kedeupasi, Suma, Singkel, dll.) kalau ada akan membuktikan bahwa gas
biogeniknya berasal dari marine shales di atas reef melalui bacterial carbonate
reduction.

Salam,
awang