Kang Rovicky, pak nDaru, dkk lainnya,

Mohon maaf sebelumnya kalo jawaban singkat saya ini langsung saya
utarakan lewat jalur umum saja, soalnya jawaban dari kandidat lainnya
yaitu kang Ridwan sudah pula diluncurkan ke milis ini. Namun senada
dengan pernyataan kang Ridwan, pertanyaan-pertanyaan 'dasar'
(mendasar?) dari kang RDP maupun pak SP, bahkan sebelumnya dari kang
Agus Hen van Yogya, rasanya bukanlah agar saya unjuk kemampuan alias
diuji, tetapi lebih saya lihat sbg masukan2 yg sangat bermanfaat utk
menjalankan IAGI ke depan.

Apakah yg akan dihadapi oleh ahli geologi (Indonesia) pada masa
mendatang? Saya kira banyak sekali proyeksi yg telah disampaikan
orang, termasuk dari luar negeri. Ini mungkin indikasi yg tidak secara
langsung saya tekuni. Terus-terang, apa yg saya kemukakan tidaklah
terlepas dari perkiraan2 yg telah dibuat oleh orang lain. Hasil
analisis 'badan energi di Amerika' menyatakan bahwa hingga 25 tahun
mendatang, keperluan energi dunia akan bergeser dan memusat di
beberapa tempat/negara, antara lain Asia Timur (Jepang, Cina) dan
Rusia (beberapa negara berkembang), maupun tentunya Amerika sendiri.
Energi di sini terutama adalah migas, meskipun juga mineral2 industri
dan jenis2 energi lainnya juga diperkirakan tidak jauh mengikuti. Apa
artinya? Artinya ialah bahwa 'tawaran' tenaga kerja sbg ahli geologi
masih sangat diperlukan (dg perhitungan yg sudah tua menginjak pensiun
atau berpulang).

Dampaknya utk Indonesia adalah bahwa masih akan banyak investor yg mau
mengaduk perut ibu pertiwi guna memperoleh migas, batubara, dan
beragam jenis mineral serta bahan energi lainnya. Dengan berbagai
kelebihan sumberdaya alam yang ada dan kekurangan teknologi maupun
sarana/prasarana yang diperlukan, Indonesia harus tetap mempertahankan
dan memperbaiki prioritas – skala energi yang 'menguntungkan'. Ini
tentu saja porsi pemerintah (baca: DESDM dan turunannya). Namun
demikian, IAGI tentunya bisa mendudukkan diri sbg 'konsultan' dan
memberikan pertimbangan yang pas utk masalah ini.

Nah, sekarang mengenai para tenaga ahli geologinya. Konsultasi IAGI
kepada pemerintah, sekarang pun juga sudah terjadi. IAGI seringkali
diundang dalam rapat-rapat beragam topik, baik persoalan migas maupun
non-migas. Ini tingkat 'sok resmi'nya. Kita pun tahu, mungkin hampir
semua pegawai di bawah Badan Geologi dan turunannya (PSG, PPGL, dll)
adalah anggota IAGI, dan nantinya diharapkan menjadi anggota IAGI
semuanya. Adalah sangat mungkin untuk 'menggerakkan' para anggota IAGI
di pemerintahan ini agar lebih aktif dan benar-benar berbuat sesuai
dengan bagiannya. Meskipun koordinasi melalui kepala pusat
masing-masing bagian mungkin sudah dilaksanakan, tetapi pertemuan
informal para anggotanya tentu akan mendukung koordinasi ini (tidak
hanya sekedar berkomunikasi lewat pertemuan ilmiah tahunan saja). Hal
lain tentang para ahli geologi Indonesia ini, adalah mesti lebih siap
dengan 'tawaran kerja' yang tidak hanya datang dari dalam negeri,
tetapi sudah banyak dan akan lebih banyak lagi yang datang dari
negeri-negeri seberang. Siapkah kita? Ya harus kita siapkan.

Pertanyaan dari pak Sukmandaru, apa yg mesti dilakukan dengan para
anggota di 'daerah'? Tentu saja banyak yg bisa dilakukan. Apabila
pusat mempunyai agenda yg bersifat nasional, maka daerah (pengda,
komwil) seperti halnya otonomi daerah seharusnya dapat menggalakkan
kegiatan yg lebih bersifat lokal. Ada isu-isu nasional, ada pula
isu-isu lokal. Pengurus pusat akan selalu membangun komunikasi
terus-menerus dengan para pengurus di daerah utk memastikah bahwa
kegiatan pusat maupun daerah adalah sinkron, terkait, dan bermanfaat
utk masyarakat luas. Wujudnya, paling tidak sekali, sebagai ketua umum
(kalau terpilih tentunya) saya akan datang dan bertatap-muka langsung
dengan seluruh anggota dari ujung utara Sumatra hingga ujung timur
Papua. Komunikasi modern dan terkini via telpon maupun internet bisa
selalu digunakan, tetapi pertemuan langsung dan diskusi dg masalah
khusus di setiap daerah adalah mutlak diperlukan. Sbg misal, isu lokal
dari Pengda Bengkulu tentang bencana-alam tentunya akan lebih mencuat
dibandingkan dg isu lokal dari Pengda NTT yg sedang getol dg usulan
geowisatanya saat ini. Bentuk-bentuk kegiatan juga bisa beragam
disesuaikan dg kebutuhan dan manfaat yg diinginkan: sekedar seminar,
perlu bikin pokja, dll.

Orang tentu tahu bahwa latar-belakang saya didominasi oleh kegiatan di
bidang migas, meskipun juga ada sedikit pengalaman di bidang batubara.
Namun bukan berarti bahwa nantinya bidang migas ini yg akan diurusi
terus. Kepengurusan sekarang saja sudah ada komisi-komisi yg dapat
mewadahi bidang-bidang yg beragam ini. Hanya tinggal 'menggerakkan'
teman-teman yg berada di berbagai bidang ini utk 'melangkah lebih
cepat dan jauh'. Kita perlukan orang-orang seperti pak Sukmandaru utk
bidang emas dan sebangsanya. Apabila dulu ada pak Sumardiman sbg
generasi sebelumnya, kemudian pak Sukmandaru sbg generasi penerusnya;
masak sih sekarang tidak ada 'Sumardiman-Sumardiman dan
Sukmandaru-Sukmandaru muda'? Rasanya perlu dibuat kondangan dan
nongkrong di warung-warung kopi utk membahas masing-masing bidang ini.

Kita perlukan satu pasukan, bukan hanya seorang pahlawan, utk
memberikan arti bagi bangsa ini.

salam dari tebet,
syaiful
*n/a 1646.

On 6/17/08, S. (Daru) Prihatmoko <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Ikutan bertanya untuk para calon....
>
>  Karena keanggotaan IAGI yang sangat majemuk.... (mungkin ini bisa berkaitan
>  dengan pertanyaan Pak Rovicky).
>
>  1. Apa yang akan anda lakukan untuk para anggota di Yogya, Bandung, Medan,
>  Makasar, Sulut, Papua (dll yang di luar Jakarta....)
>
>  2. Sama dengan No. 1 tetapi untuk kategori bidang keilmuan/ industri yang
>  bermacam-macam (migas, mineral/ tambang, lingkungan, geotek, dll)
>
>  Salam,
>
>  Daru - No. 1380

Mohammad Syaiful - Explorationist, Consultant Geologist
Mobile: 62-812-9372808
Email: [EMAIL PROTECTED]

Technical Manager of
Exploration Think Tank Indonesia (ETTI)