Bang Frank yg baik,

Salah satu usaha yg mungkin dan pernah dilakukan adalah dg
menggalakkan kembali 'tour lecturing' dan memperbanyak frekuensinya ke
jurusan atau departemen geologi di seluruh tanah-air. Saya kira banyak
dari kita, para profesional di industri, yg sudah pernah terlibat hal
ini. Hanya IAGI mungkin dapat memperbaiki koordinasi dg perguruan2
tinggi tsb dan para nara sumber.

Kenapa 'tour lecturing' atau 'guest lecturing' atau istilah lainnya?
Berawal dari FOSI tahun 1999 dan dilanjutkan dg IAGI hingga 2003,
acara ini ternyata cukup bermanfaat. Memang ada kekurangan di
sana-sini, tetapi tentunya akan bisa diminimalkan dg koordinasi yg
lebih baik.

Pertama, koordinasi dg para nara sumber dari dunia industri (baik
migas maupun non-migas). Perlu diingat, bahwa ini adalah 'pekerjaan
sosial', sehingga si nara sumber ini dg 'kuliah' yg dipegangnya, akan
memberikan ilmunya kepada mahasiswa (seringkali juga termasuk utk para
dosennya juga), adalah tidak dibayar; justru sebaliknya diharapkan
kumpeni si nara sumberlah yg mendukung acara ini dari segi dana.

Kedua, koordinasi dg perguruan2 tinggi. Apa sih yg kira2 lebih
diperlukan oleh PT di Medan? Apakah keperluannya sama dg PT di
Makassar, atau berbeda?

Nah, makanya diperlukan koordinasi dari kedua pihak tsb, dan
-berdasarkan pengalaman saya- ini tidaklah hal yg mudah.

Tampaknya jatah SKS di geologi maunya semakin dipangkas saja. Artinya,
semakin sedikit porsi ilmu yg bisa diberikan oleh PT kepada para
mahasiswanya. Memang ada altenatif lainnya, yaitu matakuliah pilihan.
Tetapi ini juga terbatas, karena keperluan SKS tadi (catatan: saya
juga kebetulan beberapa tahun ini menjadi 'dosen' utk 2 matakuliah
pilihan di PT di Bogor).

Jadi 'tour lecturing' adalah jembatan yg kemungkinan dapat
menghubungkan ilmu yg didapat mahasiswa di kampusnya dg pengetahuan yg
berkembang dan diaplikasikan di dunia industri.

Masih banyak Frank, detil utk kegiatan ini. Semoga intinya dapat
diterima deh dan semoga tidak terlalu panjang. Dan, siap ya utk jadi
salah satu nara sumber dg topik sekitar seismik?

salam,
syaiful

On 6/25/08, Franciscus B Sinartio <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> [...]
>  kan human resources dari Indonesia adalah renewable resources.  masih banyak
> orang Indonesia yang tidak zero growth di keluarga nya.  saya juga 50 % gain
> (3 anak )
>  saya rasa kita perlu berpikir kayak India dan Cina yang malah senang kalau
> tenaga kerjanya pindah keluar negeri.
>  jadi yang saya ingin tahu adalah apa usaha tambahan untuk pendidikan yang
> akan di lakukan oleh IAGI setelah jadi KETUM.
>  salam,
>  frank
>  nb: katanya ada yang ngurusin yayasan beasiswa DR. Katili ya?  bisa tolong

Emails:
[EMAIL PROTECTED] (business)