Pertanyaan pak Ismail memang sederhana dan mendasar. Coba saya tanggapi ya.

Katanya, setiap insan ini 'kan punya dua sisi: sbg indivisu sekaligus
sbg makhluk sosial. Sbg individu, ya 3 keperluan pokoknya: pangan,
pakaian, dan papan (tempat tinggal).

Nah, sbg insan sosial, ternyata manusia butuh berkelompok, dan istilah
kerennya adalah berorganisasi. Kenapa? Agar eksistensinya diakui oleh
individu lain, agar saling-menolong (atau malahan memusuhi?), dan
terutama adalah utk memenuhi kebutuhan pokoknya tadi (P3). Silakan ini
utk diaplikasikan dalam 'berorganisasi di lingkungan ahli geologi'.

Iuran anggota? Mungkin bendahara atau sekretariat nanti dapat
memberikan penjelasan yg lebih gamblang. Setahu saya, formulir terbaru
mewajibkan setiap anggota utk membayar iuran Rp 130.000,-. Mari
berhitung, misalkan anggota IAGI yg aktif saja sebanyak 2000 orang dan
mau membayar iuran, maka setiap tahun, IAGI akan punya dana dari pos
ini sebesar Rp 260 juta.

Tapi ingat lho, kalo nggak salah, Rp 75 ribu adalah utk jatah MGI
(Majalah Geologi Indonesia). Jadi sebanyak Rp 150 juta harus
disetorkan utk penerbitan MGI, minimal 3x setahun (cmiiw). Jadi
sisanya adalah Rp 110 juta.

Kita coba deh utk terbitkan lagi 'Berita IAGI', misalkan saja dg harga
yg cukup murah, yaitu total Rp 15 juta saja (termasuk pencetakan dan
pengiriman ke setiap alamat anggota). Kalau bisa setiap 3 bulan
terbit, artinya ada 4 kali penerbitan dalam setahun, dananya Rp 60
juta. Lumayan masih Rp 50 juta.

Sekarang, coba kita bikin 'tour lecturing' (lihat imil saya lainnya di
milis ini) dan dg asumsi dana dibiayai oleh IAGI. Utk setiap 'tour
lecturing' bisa di-rata2kan total Rp 3 juta (paling tidak utk:
transportasi Jkt - daerah Rp 1,5 juta, akomodasi Rp 500 ribu; konsumsi
acara Rp 1 juta; belum lainnya). Yaaa, hanya cukup utk bikin 'tour
lecturing' sebanyak kurang dari 17 kali saja. Duite wis entek, mas...

Makanya diperlukan pemasukan dana dari pos-pos lainnya dan bantuan yg
tidak harus berupa uang. Belum lagi kalo banyak program lainnya. Wah,
memang ternyata kita perlu juga amunisi yg bagus utk berperang.

Anggota-anggota IAGI seharusnyalah dapat berperan sbg ujung-ujung
tombak utk memasyarakatkan ilmu geologi, baik melalui lingkugan RT,
RW, kelurahan, masjid, kelompok sepedanya, dsb.

Kalo perlu, nanti disambung lagi. Tabik.

salam,
syaiful

--
Mohammad Syaiful - Explorationist, Consultant Geologist
Mobile: 62-812-9372808

Technical Manager of
Exploration Think Tank Indonesia (ETTI)

PIT IAGI KE-37 (BANDUNG)
* acara utama: 27-28 Agustus 2008
* penerimaan abstrak: kemarin2 s/d 30 April 2008
* pengumuman penerimaan abstrak: 15 Mei 2008
* batas akhir penerimaan makalah lengkap: 15 Juli 2008
* abstrak / makalah dikirimkan ke:
www.grdc.esdm.go.id/aplod
username: iagi2008
password: masukdanaplod