From: noor syarifuddin [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Thursday, July 10, 2008 6:23 PM
To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: Re: [iagi-net-l] Memukul Diri Sendiri -->Re: [iagi-net-l] OK,
kita bicara Energi -->masuk lagi

Apakah betul karena fakta sekitar...? apa bukan karena opini sekitar...?
Ini mirip dengan psikologi mendidik anak, kalau si ortu selalu
mengatakan anak-nya bego, malas dll...maka akhirnya di anak merasa bahwa
dia adalah anak yang bodoh dan malas....
Jadi menurut saya mari kita mencoba melihat sesuatu dari sisi
terangnya....jangan selalu dari sisi negatifnya..
Dulu waktu N250 terbang, orang cuman melihat bahwa itu cuman peswat
rakitan saja, orang indonesia itu sebenarnya belum mampu bikin pesawat
dst.... kemudian waktu CN235 dibarter dengan beras ketan, maka para
pengkritik seakan mendapatkan BBM untuk lebih mengobarkan sentimen
negatif karya anak bangsa......
(padahal yang namanya Sukhoi aja dibarter sama minyak sawit oleh
malaysia...)
Sekarang begitu IPTN sekarat, kita "makin yakin" bahwa memang bangsa
indonesia itu tidak bisa bikin pesawat..... dan akhirnya para pegawai
IPTN lari ke Boeing dan Airbus untuk kerja di sana...dan kemudian akan
muncul di artikel bahwa ternyata ada orang Indonesia yang bisa bikin
pesawat di pabrik Boeing atau airbus.........
salam,