Eh... jangan thank you terus, kaji dulu.......
padahal aku nulisnya salah (keburu-buru), limestone itu untuk kategori
ANC (kami pakai 1,000) bukan NAG. NAG-nya adalah batuan pembentuk asam
itu sendiri yaitu volkanik, kami menyebutnya dalam fine, dalam coarse
dsb.
Kalau mau lebih jelas, bisa lihat di buku yang baru kami terbitkan,
judulnya "Dari Grasberg sampai Amamapare, Proses Penambangan Tembaga dan
Emas dari hulu hingga hilir", berupa kajian untuk masyarakat umum yang
ditulis oleh para praktisi tambang di Freeport.  Bisa dibeli di Gramedia
(195 rebu saja).
Untuk memudahkan pengamatan kami biasanya kami sederhanakan jadi green,
blue dan red rock type.  Dimana green adalah limestone, red dan blue
type-nya adalah yang berkadar NAG tinggi, harga NAG kami test di lab
tidak pakai asumsi.  Untuk mendapatkan NAC dari limestone juga kami test
dahulu sebelumnya dengan jenis limestone yang berbeda-beda, dolomitic ls
dan marbelize ls itu berbeda...
Pokoknya baca dulu tuh bukunya, siapa tahu anda mau jadi penambang
Tembaga dan Emas...., nggak ribet bacanya koq, karena kami tulis dengan
irama ilmiah populer, enak dibaca dan perlu (kata Tempo). Jarang sekali
lho praktisi tambang nulis secara gamblang, kebanyakan yang nulis
tambang biasanya adalah pakar bukan praktisi langsung.  Cepet buruan ke
Gramedia....

Md. Johaness Djuharlan
Tembagapura, Papua - Indonesia
Phone: +62-901-41-7491
PTT: +62-901-480-691

"Menikmati hidup tak harus dengan harta,
keluarga tercinta pun membuat hidup lebih bermakna"