To: <iagi-net@iagi.or.id>
Sent: Tuesday, January 27, 2009 11:18 AM
Subject: RE: [iagi-net-l] Fw: [pp-iagi-2008] Re: Biro Kuliah Keliling PP-IAGI 2008-2011

Saya setuju dengan pendapat Pak Daru. Di samping kuantitas ditingkatkan, kualitasnya lebih diperlukan untuk ditingkatkan. Harus dilihat rasio antara animo para pemuda mengambil kuliah geologi dengan rasio animo lulusan geologi menjadi dosen geologi. Bila mahasiswanya banyak (sekali), tetapi dosen-dosennya relatif tak bertambah, maka ini akan mengganggu pencapaian kualitas yang prima.

Di beberapa kampus yang saking banyak mahasiswanya, ada beberapa program perkuliahan, laboratorium, dan pekerjaan lapangan yang dikorbankan. Maksudnya dikorbankan adalah pemotongan waktu, dosen mengganti tatap muka perkuliahan atau ujian dengan tugas makalah (lalu si mahasiswa mengerjakan makalahnya dengan copy and paste), pekerjaan lapangan dikeroyok rame-rame, dsb. dsb. yang akan mengganggu pencapaian kualitas.

Dosen-dosen tamu yang saya lihat makin banyak dan programnya terorganisasi makin baik, juga para mahasiswa mandiri berorganisasi dan melibatkan organisasi profesional dalam kegiatannya, jelas dapat membantu meningkatkan mutu. Hanya tetap lebih penting : penambahan dosen geologi yang permanen, bukan penambahan mahasiswanya saja.

Salam,
awang