Untuk mudah mencari kesimpulan apa yang dituliskan beliau mengenai gempa
sebagai factor utama penyebab lusi, memang akan dibutuhkan latar
belakang pemahaman pengetahuan seismotektonik, mekanika fluida, mekanika
teknik, dan mekanika batuan.
Tapi sebenarnya jika mas Nyoto membacanya pelan2 sambil sedikit
ber-imaginasi tentang ruang dan waktu yang sedang Pak Awang ceritakan,
khok kayaknya apa yang sedang coba diterangkan beliau akan sangat mudah
kita pahami.
Terima kasih banyak Pak Awang atas penjelasan mengenai alasan gempa
sebagai main factor penyebab semburan lusi, membuat terang benderang
ruang geology apa yang temen2 hadapi di daerah tersebut.

Pak Bambang, ini yang menurut saya bekerja dengan hati nurani geology;
mendeskripsi, menganalisa, mensitesa, menyimpulkan hipotesa dan
men-sharingnya dengan berpatokan pada kaedah ke-ilmuan geology (melihat
BP-1 tidak hanya dari dimesi ruang tapi juga dimensi waktu dan proses
yang menyertainya).

Mungkin akan menambah kazanah keilmuan geology kita jika seandaipun
bapak2, mas2, akang2, dan teteh2 yang memiliki argumentasi pemboran
sebagai penyebab lusi untuk juga men-share-kannya secara analitis dan
sistematis dimilis ini.

Siapa tau dengan dipostingnya dua pendapat ini, bapak2 lainnya mungkin
bisa menarik interkoneksi diantara dua pendapat ini dan coba
merumuskannya menjadi satu prosedur risk management baru dalam dunia
drilling hydrocarbon kita.

\yoga