Pak Natan,

Saya sependapat dengan pak Natan tentang IAGI periode yll kurang fair dalam
keputusan/kesimpulan penyebab LUSI karena gempa Yogya.

Sejak awalpun saya juga kurang sependapat dg teori itu, tetapi nampaknya
IAGI "telah" memutuskannya dengan kesimpulan tsb. Keputusan tsb juga telah
di-"amin"i oleh ketua IAGInya saat itu yaitu pak Luthfi yg juga dari BP
Migas, sekantor dengan pak Awang, kelihatannya memang semua diatur dari sana
(paling tidak itu pendapat saya pribadi).

Bahkan saat itu (kira2 2-3 tahun yll), saya beberapa kali kirim2an email
lewat milis iagi-net ini dg pak Luthfi ketua IAGI periode tsb, sampai
panjang lebar membicarakan soal LUSI ini (termasuk istilah LUSI nya
sendiri). Sampai2 saat itu saya mendapat dukungan dari pak Rudi Rubiandini
(lewat email japri, karena pak Rudi memang bukan member milis IAGI-net),
padahal saya sendiri sebelumnya tidak pernah (belum pernah kenal dengan pak
Rudi).

Saya sendiri tidak ada interest sama sekali dg peristiwa LUSI ini, tapi
setelah kesimpulan yg sangat kontroversial itu dikeluarkan oleh IAGI (bahkan
melalui Simposium internasional, atau apalah namanya waktu itu, saya lupa)
yg menyimpulkan bahwa LUSI dipicu oleh gempa Yogya dan bukan dari pemboran
sumur BJP-1.

Maka sebagai salah seorang geologist Indonesia, saya merasa bahwa kesimpulan
tsb adalah tidak benar & sangat "berbau" politik atau ada business
interestnya juga (itu juga pendapat pribadi saya), maka saya sangat prihatin
dengan keputusan IAGI saat itu, maka jadilah saya berbalas-pantun ria dg
ketua IAGInya pak Luthfi, saya yakin pak Awang masih ingat sekali dg email2
saya waktu itu (termasuk email saya ke pak Awang juga saat itu).

wass,
nyoto