om bosman,

aku sempatkan utk berkunjung ke alamat yg disarankan. pernyataan om
bosman pada kalimat pertama dari kutipan di bawah ini, tentulah memang
bisa jadi bahan utk diperdebatkan. tapi aku nggak ingin ngobrol
semalam teler, he..he..

"Dari pengalaman saya bersinggungan dengan dunia pertambangan selama
sekira 5 tahun tersebut, ada satu kesimpulan yang saya dapatkan,
bahwa: industri ekstraktif seperti tambang mineral dan migas hanyalah
memberikan keuntungan pada segelintir orang (terutama pemilik dan
pejabat pemerintah), sebaliknya, mendatangkan bencana kepada
masyarakat yang berdiam di sekitar sebuah area pertambangan. Banyak
kasus dan bukti soal pernyataan saya pada alinea ini. Saya pikir saya
tidak perlu melanjutkannya, akan tetapi kalau ada yang ingin tahu
lebih jauh, mungkin di lain waktu kita bisa obrolkan itu semalam
teler."

bukankah banyak kawan geolog yg tetap jadi geolog dan berusaha
memberikan manfaat utk banyak pihak? memang memprihatinkan jika punya
pengalaman buruk di industri ekstraktif dan akhirnya mempunyai
kesimpulan negatif ttg dunia tsb.

salam,
syaiful

--
Mohammad Syaiful - Explorationist, Consultant Geologist
Mobile: 62-812-9372808

Technical Manager of
Exploration Think Tank Indonesia (ETTI)

ketua umum: LAMBOK HUTASOIT, lam...@gc.itb.ac.id
sekjen: MOHAMMAD SYAIFUL, mohammadsyai...@gmail.com
* 2 sekretariat (Jkt & Bdg), 5 departemen, banyak biro...