Bung Bosman,

Laporan-laporan yang anda kutip/ acu dari "release" perusahaan mestinya itu
ditujukan oleh perusahaan untuk investor-nya atau malah ke bursa (??). Bukan
berarti laporan tersebut fiktif/ bohong, hanya kemungkinan
ketidak-lengkapan-nya pasti besar sekali. Dan keputusan untuk menambang/
atau tidak menambang mestinya tidak gampang baik secara internal perusahaan
karenan harus melalui studi kelayakan (menghitung keekonomian dan kelayakan
tambang dari segala aspek termasuk masalah linkungan fisik dan sosial),
maupun rambu-rambu yang harus dilewati dari regulasi pemerintah maupun
masyarakat sekitar. Yang paling pasti si perusahaan harus melewati AMDAL
sebelum penambangan (tahap eksploitasi) tsb dijalankan, yang berdasar
pengalaman pribadi sangat tidak mudah melewatinya. Puluhan persyaratan ini
itu yang melibatkan pekerjaan lapangan, test lab dlsb harus dilewati. Kalau
dari AMDAL tsb ternyata open pit tidak visible,masih ada opsi lain under
ground spt dikomentari rekan2 lain...... Pada saat AMDAL dijalankan,
mestinya pemerintah (team AMDAL) harus mengakses seluruh laporan yang ada
(utamanya studi kelayakan), disitulah mestinya peran pemerintah untuk
mengontrol perusahaan.....Yang saya sebutkan di atas adalah kondisi
idealnya.....

Memang yang menjadi concern anda, saya dan kita semua adalah bagaimana AMDAL
tsb dijalankan, apalagi di era otoda spt saat ini dimana "kongkalingkong"
mudah sekali dilakukan..... atau bahkan isu ttg paket AMDAL bisa "dibeli",
dsb (memprihatinkan memang). Baru setelahnya (spt diungkap kawan lain.....)
masalah pengawasan saat penambangan berjalan, yang kemungkinan banyak lobang
juga untuk di-"mainkan", juga pembagian hasil tambang yang tidak fair buat
masyarakat setempat. Kalau ini yang menjadi concern, sebagai geologiawan
yang pernah belajar seluk-beluk pemanfaatan sumberdaya kebumian, saya
berpendapat lebih baik kita berikan masukan kuat dan kita dorong para
pengatur bidang pertambangan ini (pemkab dan pem-pusat) untuk lebih jeli dan
tegas dalam memproses AMDAL perusahaan tersebut. Mungkin desakan2 ke
pemerintah semacam ini bisa dilakukan melalui organisasi profesi spt IAGI,
MGEI dan sebangsanya.......(saya belum terbayang bentuk real yang manjur itu
spt apa, kalau jalur ini yang ditempuh) atau juga secara pribadi (apalagi
abang anda ada di Pemkab Madina juga.....).

Pendapat saya, mengusir perusahaan dari daerah kontrak karyanya (legal),
dimana dia sudah bekerja bertahun-tahun di daerah tsb secara legal pula
(tentunya mereka sudah mengenal daerah tsb secara fisik dan sosialnya) tidak
akan menyelesaikan masalah. Katakanlah suatu saat perusahaan tsb terusir,
bukan tidak mungkin sumberdaya emas yg sudah diketahui tsb akan diusahakan
secara "tradisional" dan illegal...... kalau sudah begini, berdasar
pengalaman di tempat lain, terjaganya lingkungan yang tengah anda dan kita
semua perjuangkan akan lebih susah dikontrol.....belum lagi keuntungan dari
usaha illegal ini yang akan jatuh ke orang2 / cukong2 tertentu secara tidak
fair..... (yang ini bisa kita diskusikan semalam teler.....pinjam istilah
anda he he)...

Salam - Daru '83