Abah,
Subsidi saat ini masuk apbn , oleh karenyanya sudah dipatok diawal tahun , jadi
tidak turun naik , yang dikendalikan pemaikannya yg harus sesuai kuotanya yg
diberikan pada subsidi tsb.
memang dg kenaikan minyak yg sampai lebih 100$ spt minggu lalu kalau
berlangsung cukup lama ya repot , karena minyak kita dipatok dg harga 80$ (
asumsi apbn)
Kalau masalah subsidi ini juga tidak rampung rampung permasalahannya setiap
tahun sejak dari jaman bahula meskipun gonta ganti Pres nya. Subsidi Energi (
BBM dan Listrik ) saat ini sudah mencapai 143,9 T , dimana 55,1 T untuk listrik
dan sisaya untuk BBM bersubsidi ( premium , karosen dan solar )  subsidi BBM
ini dipatok dg kuota penggunaannya untuk  2010 maksimum 36,5 juta KL  karena
jumlah pemakaiannya meningkat seiring dg penambahan kendaraan maka harus
dikendalikan agar tidak melampui kuota tsb.,  tentunya kalau harga minyak naik
subsidi ikutan naik. Kalau meningkatnya  BBM karena naiknya jumlah kendaraan (
2007 kendaran yg pakai premium dan solar lebih dari 24 juta dan 2009 sdh lebih
dari 33 juta ), lha kalau di listrik karena banyak pembangkit yg terpaksa
dioperasikan dg BBM karena nunggu gas nya tidak muncul muncul spt di Tambak
Lorok Semarang , gas yang dari Lap Kepodang di laut Jawa tidak nongol nongol ,
padahal gas tsb dibutuhkan untuk pembangkit listrik gas dg kapasitas kurang
kebih 1000 MW , akhir terpaksa dioperasikan dg BBM kalau tidak Jawa  tengah
bisa gelap. disisi lain dg harga gas 5 $/mmbtu akan bisa menghemat BBM cukup
besar karena saat ini kebutruhan BBM  untuk menggantikan gasnya kira kira
sampai 2000 KL / hari , dg harga BBM  5000 - 6000 Rp/l , ongkos produksinya
bisa mencapai 2000 an Rp/Kwh , kalau pakai gas cuma seperempatnya kira kira .
belum ditempat tempat lain.
Mungkin kalau dari sisi harga minyak yang meningkat , ada sisi positifnya juga
, untuk menaikan investasi di dunia migas yang akhirnya meningkatkan eksplorasi
dan menggenjot produksi , yg ujung ujung banyak dibutuhkan SDM
Masaalah pemicu untuk energi alternatif yg lain , ternyata sulit juga karena
untuk menghasilkan energi alternatif juga memerlukan waktu yang lama (
persiapan infra struktur ) , dan komponen komponen yg dibutuhkan juga ikutan
ikutan naik dg alasan harga minyak naik , oleh karena itu naik atau tidak harga
minyak untuk energi alternatif atau energi subtitusi harus ada intervensi
pemerintah untuk ambil resiko bisnisnya dahulu.

ISM