From: o - musakti <o_musa...@yahoo.com.au>
Date: Wed, 9 Nov 2011 03:34:48
To: <iagi-net@iagi.or.id>
Subject: Re: Bls: [iagi-net-l] Cara Pertamina Jadi Perusahaan Energi Dunia
Saat ini produksi Pertamina (own share)  sekitar 170an ribu BOPD..CMIIW

Untuk naik jadi 776 (anggap saja )ribu BOEPD berarti kenaikan 4 kali lipat. Ini
dalam waktu 3 tahun sampai 2015....a big , if not fantastic target.

Padahal yang saya tahu, blok-blok LN yang disebut di artikel bukanlah blok yang
bisa dikategorikan premium. Indikasinya mudah, kalau blok premium pastilah ada
major atau NOC besar yang jadi salah satu partnernya.

Apalagi kalau dilihat beberapa blok masih tahap explorasi. Kira2 bisa
menghasilkan gak dalam 3 tahun ?
Rasanya Ada yang gak 'klik' disini

Kecuali tentunya kalau PTM mengambil alih major production blok sekelas cepu
atau mahakam.....

Salam
O'

zOn Wed, 09 Nov 2011 13:26 ICT noor syarifuddin wrote:

>sepakat, apalagi kalau ikut cara reserves booking yang dilakukan NOC
>lainnya....
>saat ini hak pemerintah diwakilkan ke BPMIGAS (reserves dan produksi) dan itu
>tidak pernah dicapitalize....coba kalau yang itu di"templok"in ke Pertamina
>seperti yang dilakukan Petronas, Petrobras dll...kapitalisasinya langsung jadi
>besar sekali....dan akan masuk list pemain dunia

ketua umum: LAMBOK HUTASOIT, lam...@gc.itb.ac.id
sekjen: MOHAMMAD SYAIFUL, mohammadsyai...@gmail.com
* 2 sekretariat (Jkt & Bdg), 5 departemen, banyak biro...

For topics not directly related to Geology, users are advised to post the email
to: o...@iagi.or.id