Pertamina ini bebannya terlalu berat disisi hulu produksinya
ada migas dan geothermal ( jual uap /SSC dan juga jual
listrik/ESC ), kemudian di sisi hilir ( pengolahan dan
penjualan berbagai produk turunan minyak /Gas ) disamping tugas
utamanya ada lagi tugas PSO untuk BBM dan LPG, juga
mendistribusikan BBM keseluruh pelosok,Jadi Dirutnya harus
menguasai segala sektor tersebut saya tidak tahu apakah NOC yg
lain seperti Petroknas juga spt ini bebannya.Mungkin kalau
fokus ke Hulu saja saya yakin kok tidak terlalu sulit mengejar
NOC yang lain.Diantara perusahaan migas besar memang Ptm mash di paling bawah :
dilihat dari Produksi ( MBOEPD) : Chevron ( 3.438), Total
(2.231),Statoil(1.833),Petronas(1.751)Pertamina (402),
sedangkan dari Cadangan Minyak (MMBOE) Chevron 10.743, Petronas
5.646 dan Pertamina 3.381Mungkin biar si NOC lebih cepat lagi jalannya perlu
dipisah
pisahkan bebannya yang masing masing dg sopir sendiri-sendiri
(BUMN sendiri sendiri) , yaitu Hulu , Hilir dan Geothermal
ISM

> Seharusnya men temen yg di pertamina bangga loh kalo bisa
> mulai
>
> Kita2 yg di luar cuman bisa sambung do'a, kalo kita kritik
> PTM itu kaya krtikan antar sodara yaitu kritik untuk supaya
> maju bukan karena benci

> Pak Muharram at all ayo dong buktikan profesionalisme di
> PTM
>
> Salam hormat
> Avi Al Haj
>
> Powered by Telkomsel BlackBerry®

 Setuju masukan Pak AB...paradigma perubahan ke
> arah itu, terutama di PEP, sebenarnya sudah sangat jelas
> namun harus dipercepat disemua lini di Pertamina (HRD yang
> terdepan) kalau perlu besifat revolitif karena perubahan
> misi dan visi di tingkat corporate pun bersifat revolutif
> dan harus dicapai segera, 3 tahun ???...

> Sebagai insan Pertamina kami dan banyak lagi pekerja
> Pertamina mempunyai harapan yang sama. Semoga masukan
> bapak-bapak dapat menjadi backing politik bagi bentuk
> perubahan sebagaimana telah dicanangkan CEO
> Pertamina...semoga berhasil, amin YRA...

> [...]

 - Pertamina saat ini merupakan

 To: iagi-net@iagi.or.id
> Date: Thursday, November 10, 2011, 10:31 PM
>

> Pak Dedi,
>
> Saya, juga teman-2 lainnya tentunya berharap bahwa Pertamina
> akan benar-2 menjadi perusahaan yang besar, maju, efisien
> dll, pokoknya menjadi perusahaan "the world class company".

 Rasanya ini tidak terlampau sulit mengingat bahwa
> Pertamina mempunyai banyak SDM yang handal dan
> mumpuni, serta pengalaman yang sangat panjang. Tinggal
> pemerintah yang memberi modal dan kesempatan.
 Mulai tahun
> 1979-an saya bersama-sama bekerja dengan teman-2 di rig
> Pertamina (P.Bunyu-Tarakan), lalu sejak 1985 saya aktif di
> daerah Kepala Bunung Papua.
 Karena Sampeyan minta kritik
> habis demi perbaikan, saya hanya ingin sharing (kritik
> ringan-2) saja tetapi rasanya penting.
 Manajemen data:
> Ketika bekerja di Trend Kepala Burung, setiap selesai
> pemboran, dan logging, satu set electric logs selalu
> dimasukkan ke dalam amplop besar berwarna coklat untuk
> dikirim ke Pertamina UEP V Sorong;  amplop ini dilampir
> transmittal letter rangkap dua, merah jambu dan putih,
> dengan pesan agar penerima dokumen (ini penting lho) ini
> menanda-tangani, lalu mengembalikan lembar merah ke kantor
> Trend.
 Menurut Clerk kami, selama bertahun-tahun lembar
> transmittal letter tidak pernah ada yang kembali, namun kami
> yakin bahwa dokumen ini pasti sudah sampai di Kantor
> Pertamina Sorong.
 Lalu, setiap Pertamina akan melakukan
> pemboran sumur eksplorasi di wilayah Kepala Burung, teman-2
> bagian Eksplorasi akan selalu datang ke kantor/base camp
> Trend (+/- 65 km di sebelah selatan kota Sorong) untuk
> meminjam e-logs dari berbagai sumur kami. Tentu saja e-logs
> kami tunjukkan, namun kami juga jelaskan bahwa sebenarnya
> kami sudah mengirim e-logs yang sama.
 Waktu itu saya sempat
> mengusulkan agar e-logs dari ratusan sumur yang sudah
> dikirim ke Sorong ditelusuri keberadaannya untuk dibuat well
> file.

> Sementara itu dulu, semoga bermanfaat.
>
> Salam hangat,
> sugeng

 terproduksi dalam 3 hari?
> [...]
> |            <iagi-net@iagi.or.id>  |
> |                                    |
> |------------------------------------>

>                         To|
   |
> IAGI <iagi-net@iagi.or.id>, iatmi-kl
> <iatmi...@googlegroups.com>
   |
>

>             cc|

> Subject|
   |        [iagi-net-l] Cara Pertamina Jadi
> Perusahaan Energi Dunia

> Cara Pertamina Jadi Perusahaan Energi Dunia
> Hadi Suprapto, Iwan KurniawanRabu, 9 November 2011, 06:13
> WIB
>

> VIVAnews - Visi PT Pertamina (Persero) dalam Rencana Jangka
 Perusahaan (RJPP) 2011-2015 menargetkan pada 2015
> nanti Pertamina menjadi
 perusahaan energi nasional kelas
> dunia.
>

> Pada tahun itu, Pertamina menargetkan masuk dalam 15
> perusahaan minyak
 terbesar di dunia dengan cadangan migas
> sebesar 2,22 miliar barel ekuivalen
 minyak (BBOE) dan
> memproduksi migas sebanyak 776 juta barel setara minyak
 per
> hari (MBOEPD).
>

> Pertamina agresif dalam pengembangan sektor hulu yang
> kemudian dijadikan
 sebagai titik fokus strategi. Karena
> itu, Pertamina melalui anak
> perusahaannya, Pertamina Hulu Energi terus melakukan
> ekspansi hingga ke
 luar negeri.

> Dalam data aset overseas PHE yang dikutip VIVAnews.com,
> Pertamina tercatat
 memiliki 9 blok di tujuh negara.
> Pengelolaan blok tersebut bekerjasama
 dengan berbagai
> perusahaan migas internasional.
>

> Pertamina memiliki satu blok di Malaysia yang berlokasi di
> offshore
 Sarawak. Blok SK-305 dikelola Pertamina bersama
> Petronas Carigali dan PVEP
 (Vietnam). Dalam blok ini
> Pertamina mempunyai saham kepemilikan 30 persen.
 Status
> blok SK-305 sejak Juni 2011 sudah mulai beroperasi.
>

> Di Vietnam, Pertamina mempunyai dua blok, yaitu Blok 10 dan
> Blok 11,2.
 Pertamina mempunyai saham 11,20 persen dan
> sisanya dimiliki oleh Petronas
 Carigali, PVEP, dan Quad
> Energy SA. Saat ini status blok tersebut dalam
 pengembangan
> dan dijadwalkan pada 2012 sudah mulai berproduksi.
>

> Sedangkan di Australia, Pertamina mempunyai satu blok, yaitu
> blok BMG yang
 dikelola bersama Rock Oil Ltd, Beach
> Petroleum Ltd, Ceizo E&P Ltd, dan
 Sojitz Energy. Pertamina
> memiliki kepemilikan saham sebesar 10 persen dan
 hingga
> saat ini blok tersebut masih dalam fase non produksi.
>

> Pertamina juga memiliki blok migas di Qatara bernama blok 3.
> Pertamina
 memiliki kepemilikan saham sebesar 25 persen dan
> sisanya dimiliki oleh
 Wintershall AG, Cosmo Energy dan E&D
> Ltd. Status blok tersebut sedang studi
 geologi dan
> geofisika dan estimasi pengeboran pada 2012.
>

> Di Sudan, Pertamina memiliki blok 13 dengan saham sebesar 15
> persen.
 Pertamina bersama-sama dengan CNPC sudapet, Dindir
> Petroleoum, Africa
 Energy, Express, dan Petroleum & Gas Co.
> Ltd. Saat ini masih dalam studi
 geologi dan geofisika.

> Pertamina juga mempunyai dua blok di Libya, yaitu Blok 17-3
> dan Blok 123-3
 dengan kepemilikan saham 100 persen. Namun
> akibat situasi politik dan
 keamanan Libya yang belum stabil
> hingga saat ini, aktivitas Pertamina di
 kedua blok tersebut
> belum beroperasi.
>

> Di Irak, Pertamina mempunyai blok 3WD yang merupakan blok
> onshore west
 dessert dengan kepemilikan blok 100 persen.
> Saat ini aktivitas blok
 tersebut masih dalam eksplorasi.

> [...]
> from your system. CNOOC is neither liable for the proper and
> complete transmission of the information contained in this
> communication nor for any delay in its receipt.

>  PP-IAGI 2008-2011:
> ketua umum: LAMBOK HUTASOIT, lam...@gc.itb.ac.id
> sekjen: MOHAMMAD SYAIFUL, mohammadsyai...@gmail.com
> * 2 sekretariat (Jkt & Bdg), 5 departemen, banyak biro...
> to: iagi-net-subscribe[at]iagi.or.id
>
> For topics not directly related to Geology, users are

 IAGI-net

indomail - Your everyday mail - http://indomail.indo.net.id