Wah... kalau gitu aku pun juga mau bagi-bagi masalah nih:

sebenarnya krisis geologist juga tidak hanya dirasakan oleh perusahaan energi,
di akademisi pun juga mengalami krisis geologist, padahal minat calon mahasiswa
yang masuk ke geologi semakin banyak. Penyelesaian permasalahan itu (tentang
krisis geologist) harus dicarikan segera. saya ada sedikit gagasan untuk
sedikit mengurangi krisis tersebut:
1. Pembatasan eksplorasi batubara yang membabi buta di Kalimantan; toh
batubaranya diekspor ke China ???? (isu besar)
2. Pembatasan eksplorasi nikel dan pasir besi; lagi-lagi hasilnya juga diekspor
ke China ????

dengan demikian... banyak geolgist yang dapat berkonsentrasi ke tugas utamanya
(si pendidik bisa menghasilkan penelitian yang baik, pemikiran yang lebih baik
dan dapat diabdikan ke masyarakat juga dengan baik; serta si geologist yang
berkecimpung di dunia industri dapat mengambangkan diri pula sesuai dengan
pengejawantahannya sebagai eksplorist; bukan hanya sebagai tukang / proyektor
saja).

tetapi, masalah lain muncul berkaitan dengan pembatasan tersebut... banyak
geologist muda yang menganggur, karena perusahaan migas tidak mau mempekerjakan
mereka, terutama yang masih fresh graduate. Solusinya adalah perusahaan yang
memang lagi butuh geologist tersebut juga harus memberikan keahlian / training
khusus dengan basic science yang lebih bersifat terbuka; agar mereka siap
bekerja pada perusahaan tersebut. Sehingga mereka siap melakukan eksplorasi
dengan mengembangkan konsep geologi yang baru (Geologi bukan ilmu pasti;
tergantung pada kondisi daerahnya kan???? jadi harus banyak latihan pada
berbagai variasi data geologi). Memberikan keleluasaan kepada para geologist
muda (yang sudah ada) untuk berkreasi, tidak hanya digaji untuk mengerjakan
pekerjaan yang sudah berjalan; sebagai contoh adalah: teman saya dulu bekerja
di Chevron; pekerjaan kesehariannya adalah mengamati mesin yang sedang bekerja;
padahal dia seorang geologist. Akhirnya dia bosan,
 karena merasa ilmunya tidak akan pernah berkembang, dan dia tidak bisa
mendapatkan apa-apa kecuali materi saja, bahkan dia merasa akan semakin bodoh
karenanya; akhirnya dia keluar dan sekarang malah menjadi suplier alat
berat.... wow....

Hal itu penting karena: akademik (PT) tidak diberikan keleluasaan oleh DIKTI
untuk mengembangkan kurikulum dengan pembatasannya yang hanya boleh sampai 144
sks. Jika bapak-bapak / ibu-ibu / kakak-kakak bisa lulus dengan 160 bahkan ada
yang sampai 180 sks, maka kini mereka hanya diperbolehkan menerima perkuliahan
sebesar 144 sks; yang juga harus melahap banyak sekali konsentrasi dan
matakuliah mandiri dengan model pembelajaran SCL (student centered learning).
SCL memang bagus bagi mahasiswa yang memang punya kreativitas dan soft skill
yang tinggi; tetapi justru sangat menekan bagi mahasiswa yang kemampuannya
hanya pas-pasan. Padahal PTS hanya diberi jatah camaba yang kemampuannya hanya
pas-pasan ......... ??????

tentang permasalahan krisis geologist di akademisi: ada persyaratan dari DIKTI
tentang dosen (pengajar) yang dapat diberikan beasiswa pendidikan oleh DIKTI
(melalui BPPS), yaitu ybs harus sudah memiliki jabatan fungsional; sementara
itu, untuk dapat memiliki jabatan fungsional mereka harus sudah aktif menjadi
dosen (artinya telah melakukan Tri Dharma PT: pendidikan, pengajaran,
penelitian, pengabdian masyarakat dan penunjang). untuk bisa aktif menjadi
dosen tersebut harus memiliki minimal pendidikan S2; nah.... lha siapa yang
bisa diberikan beasiswa BPPS tersebut????? ya hanya yang mau S3 saja kan?????
Sedangkan: PTS yang masih kecil sampai menengah tidak bisa memberikan beasiswa
bagi calon dosen yang belum mengabdi (karena tidak mampu membiayai). Kini DIKTI
telah longgar memberikan solusi, yaitu melalui dana Hibah PHKI, tetapi untuk
bisa mendapatkan dana itu tidak mudah (banyak syarat yang harus dipenuhi, al:
jumlah mahasiswa aktif >500 orang). Kini...
 jumlah mahasiswa telah banyak, tetapi jumlah dosennya justru yang krisis.

Kesimpulannya adalah: kembalikan alumni kami yang telah diambil oleh perusahaan
yang hanya mencari keuntungan sendiri untuk dididik lebih lanjut menjadi
eksplorer sejati yang dapat berkiprah untuk kepentingan bangsa dan negara...
tidak hanya mengejar sejumlah bijih yang dapat dieksport. Didiklah yang memang
belum mampu, jangan hanya dibuang ke perusahaan kecil yang tidak jelas masa
depannya. Yang sudah pergi (ke LN) ya sudahlah, karena mereka toh memang sudah
punya kontrak dengan yang bersama mereka; tidak masalah alasan apa mereka
pergi, biarkanlah untuk sementara sampai kebijakan yang lebih baik lahir
kemudian. Yang kini ada... marilah kita berupaya bersama-sama untuk
mengembangkan keahlian mereka; kalau memang mereka belum mampu bersaing--> kita
tempa mereka agar menjadi geologist yang handal dan mampu bersaing.

Salam

Sri Mulyaningsih