From: Bambang Gumilar <bgumilar.mailingl...@gmail.com>
To: iagi-net@iagi.or.id
Sent: Tuesday, November 13, 2012 2:44 AM
Subject: [iagi-net-l] Unconventional Shale Play

Para pakar yang terhormat. Mohon saran/ kesediaan berbagi pengalaman tentang
Oil Shale/Tight Oil Plays yang pernah dilakukan (bukan hasil Googling).

Saat ini saya diminta mengevaluasi daerah baru yang dianggap punya potensial
yang "unconventional". Sebuah cekungan memiliki cadangan minyak yang luar biasa
besar, tapi berada langsung di "dapur" yang litologinya Napalan (Marly Shale).
Data minimum seperti triple/quatro combo tersedia dari 4 sumur. Tidak ada
indikasi zone air (untuk menentukan Ro). Resistivitas tinggi ( > 80 Ohmm),
cuttings, sonik (compressional dan shear) mendukung observasi zone serpih kaya
bahan organik (rata-rata TOC 3 ~ 4 % dari cuttings). Data Core ada,
tetapi tidak bagus; rentang nilai permeabilitas matriks dari 200 nano Darcy
sampai 5 Darcy (ini diragukan). Porositas sekitar 2 ~ 4% saja.

Saya diberi waktu 10 hari (kerja) untuk menghitung volume minyak, estimasi
produktivitas (perm) -nya serta proposal frac job (cari zone untuk kandidat
frac interval).

Pertanyaan:
1. Bagaimana menentukan Rw di shale yang tidak ada zone air-nya? Pickett plot
tidak bisa dipakai karena tidak ada "clean sand"-nya. Data produksi belum ada.
2. Berapa permeabilitas rata2 Oil Shale yang pernah anda evaluasi?
3. Apakah ada cara lain (praktis) menghitung TOC selain cara Passey?

Jazakallahu khair.... buat yang bisa bantu.

Wassalam,
-bg

Kirim email ke