Bapak&Ibu sekalian,

Saya punya komentar untuk Buton ini.

Yang saya dengar Benteng-1 oil show di Miocene Tondo Fm. selebihnya saya
belum berani komentar lebih jauh, nunggu press release dari Japex sbg
operator dan BPMigas (??).

Mesozoic stratigraphy nya mirip dengan drifted microcontinent yg detached
dari australia (Sula, dan Seram) dan NW Australia. Sedikit beda dg Sula,
karena Trias-nya vulkanik.

*reservoir*

Target utama pre-drill Cretaceous karstified Tobelo Fm. konsepnya
karstifikasi terjadi pada saat 1st collision (E. Miocene). Jadi Tobelo ini
hanya mengharapkan

Porositas dari fracture dan karstic breccia.

*Source rock*

Triassic Winto carbonate dan secondary dari Miocene Tondo (post-collision)
marine clastics. Tondo TOC nya tdk se-excellent Winto.

Logika saya, winto ini kan tipe IIS, cenderung menghasilkan minyak kaya
sulfur. Secara kinetik lebih mudah bereaksi/matang (kerogennya lebih mudah
terkonversi jadi HC) tapi lebih mudah rusak (biodegradasi) juga, karena
ikatan kimia sulfur-HC lemah. Mohon dikoreksi Pak Awang dan geochemists.

*Trapping&preservation*

Trap2 yg terbentuk pada saat 1st collision (Buton-Muna), sudah terisi HC
namun dirusak oleh L. Miocene 2nd collision (Buton-Tukang Besi) yang Pak
Awang tidak setuju.

Jadi akumulasi HC pada trap2 yg terbentuk pada collision pertama ini bocor
ke dekat permukaan dan diperparah dengan karakter oil tipe IIS ini yg mudah
terbiodegradasi..jadilah aspal Buton.

Perlu diketahui, aspal di Buton hampir ada dimana2..tapi yg ditambang
secara komersil umumnya berasosiasi dg patahan2 yg terpropagasi sampai
permukaan.

Saya berargumen bahwa 2nd compressional tectonic di Buton ada, produknya
adalah thrusted Miocene post-collision (1st) sediment (Tondo) terbukti dari
data sumur dan seismik. Mungkin bukan collision seperti yg diusulkan
Davidson (1991). Karena saya tidak punya bukti untuk demonstrate suture
antara Buton-Tukang Besi seperti yg pak awang pertanyakan. Malahan, kalau
lihat paper Milsom (1999) ada bouger anomaly map (regional Banda sea) yg
menunjukkan sedikit ada “saddle” di antara Buton-Tk Besi. Ini bisa
diinterpretasikan sbg extended crust, cocok dg teori pak Awang. Tapi apakah
extension ini berhubungan dg collsion atau terjadi pada fase mesozoic
australian continental rift and drift?

Sehubungan dg komentar Pak Andi Salahuddin, expected play-nya adalah
thrusted mesozoic carbonate. Jadi interval mesozoic dan Miocene-nya thin
skinned, detached di Winto. Mengenai sumbu closure yg tdk paralel, bisa
jadi, thrusting karena 2nd compressional event mungkin saja menghasilkan
thrust sheets yg detach di Miocene Tondo shale. Seperti yg disampaikan pak
Taufik, data seismik disini kurang bagus, terutama utk imaging mesozoic
interval.

Mengomentari Bu Nuning dan Pak Taufik (saya lupa di thread ini bukan ya?).
Masalah aerogravity dan magnetic, setelah diproses dan dimodel ternyata
tidak banyak membantu interpretasi seismik seperti yg diharapkan. Model yg
dihasilkan sangat sensitif thd crustal properties, jadi ganti parameter
crust sdkt saja menghasilkan bbrp alternatif interpretasi. Biaya seismik
tinggi karena mencakup bagian selatan yg ditutupi quarternary carbonates
(Wapulaka) dan juga topografi nya yg ekstrim. Kalau di utara tdk terlalu,
sdh banyak akses jalan di kampung2 transmigrasi, lithologi permukaannya pun
beda.

Demikian, terima kasih,

Salam,

fauzan