Mas

gambarnya sesuai kondisi geologi asli atau sketsa ya ?

kalau lihat gambarnya sepertinya reservoir yang merupakan recharge
dari puncak terputus/ tidak berhubungan dengan reservoir di bawah
jakarta.
- di pleistocene ada fault yang memisahkan pleistocene reservoir di depok
- volcanic fan tidak akan mengalirkan air dengan debit yang besar ?

kalau gambar ini benar maka air justru mengalir bukan melalui air
tanah tapi lebih ke aliran permukaan / melalui sungai sungai.

Kalau memang melalui air permukaan :

1. Bukankah sumur resapan akan jauh lebih efektif di buat di kawasan
antara puncak dan depok daripada di jakarta  ?
2. Akan lebih efektif  melakukan perbaikan aliran air yang menuju ke
laut sehingga tidak ada air yang meluap keluar dari aliran sungai.

Mungkin ada yang bisa mengkonfirmasi bagaimana rasio penurunan muka
tanah jakarta dibandingkan dengan kenaikan muka laut karena global
warming ?
mis : 10 cm/tahun dibandingkan dengan 1 cm/10 tahun

Salam

Kartiko

Kirim email ke