Ikut nimbrung Abah, pak Ong,

Masalah “Pentingnya Eksplorasi” dalam subjek diatas, mungkin kita musti
melongok apa yang sedang terjadi dinegara-negara lain, seperti Mexico yang
sedang melakukan reformasi industri migas, baik di upstream, mid-stream dan
downstream. Konon produksinya turun, yang dulu mencapai 3.7 juta menjadi
tinggal 2.5 juta bopd. Meskipun produksinya masih memenuhi kebutuhan dalam
negeri dan masih export minyak ke US, tapi pemerintah Mexico merasa perlu
melakukan reformasi dengan perubahan konstitusi yang telah disahkan akhir tahun
lalu. Pemerintah Mexico saat inipun sadar hasilnya hanya akan dinikmati oleh
pemerintah masa mendatang atau partai lain. Selama ini mereka menganut service
contract,… kontrak jasa, berupa cost + fee yang tidak menarik bagi investor,
tapi dalam format baru, akan ada PSC, joint venture dengan Pemex, dan investor
bisa membukukan cadangan dll.

Contoh lain adalah Colombia yang melakukan reformasi kebijakan fiscal dan
peraturan migas tahun 2003 yang merupakan insentif bagi investor. Hasilnya bisa
dilihat sekarang, produksi minyaknya naik secara signifikan, hampir 2 kali
lipat.

Bagaimana dengan Indonesia? Puncak produksi minyak terjadi di tahun 1977 dan
1996 yang berbanding lurus dengan banyaknya jumlah sumur yang dibor, meningkat
jumlah penemuan sekaligus naiknya produksi sehingga mencapai puncak. Saat ini
penemuan lapangan baru, jarang dan kecil2, karena kegiatan ekplorasi menurun.
Penemuan lapangan skala besar terakhir tahun 1992 (lapangan Banyu Urip Cepu).

Kalau kita kembali kecontoh Mexico, apa yang terjadi di Indonesia malah
sebaliknya,… yang sedang hangat untuk kontrak baru adalah pilihan lain selain
PSC dengan memberlakukan service contract. Selain itu masalah POD ring-fencing
atau cost recovery per lapangan, tidak lagi per PSC. Apa dampaknya terhadap
eksplorasi? Kemungkinan besar perusahaan minyak menjadi enggan melakukan
eksplorasi, karena resiko explorasi tidak lagi bisa dicost recovery. Kalaupun
bisa dicost recovery, jangka waktu yang panjang antara penemuan dengan
komersialisasi bisa membuat perusahaan minyak goyah. Beberapa contoh jangka
waktu lama antara lain Tangguh, Donggi-Senoro, Natuna D-Alpha bahkan sudah
sekitar 30an tahun sejak penemuan. Dengan demikian, perusahaan hanya akan
memproduksi apa yang sudah ditemukan saja, tanpa usaha explorasi. Soal lain
adalah masalah tidak adanya depresiasi yang dipercepat. Perusahaan tentunya
tidak akan meninggalkan sunk cost yang tinggi pada akhir kontrak karena tidak
ada jaminan PSC bisa diperpanjang/ diperbaharui. Artinya tidak akan ada
investasi baru pada 5 tahun sebelum masa kontrak berakhir.

Jadi, pentingkah eksplorasi? Mungkin saja tidak karena hal2 diatas membuat
kegiatan eksplorasi tidak menarik, ie. Kontrak jasa, POD ring fencing, jangka
waktu lama untuk komersialisasi, depresiasi tidak bisa dipercepat. Apalagi
dengan issue2 lain seperti pajak bumi dan bangunan (pbb) blok explorasi,
banyaknya perizinan, kurangnya data2 subsurface dll.

Adakah solusi? Seorang kawan bijak mengatakan “look at history”. Bayangkan pada
tahun 1967-1968, Indonesia saat itu masih kacau, tidak aman, politik
bergejolak, tidak ada infrastruktur,… tapi berhasil mengundang investor untuk
masuk dan bereksplorasi. Diantaranya menemukan Arun dan Badak yang menjadi
cikal bakal industry LNG di Indonesia. Bontang bahkan menjadi proyek LNG
tercepat didunia yang selesai dalam 5 tahun. Duniapun kagum dengan Indonesia
dan banyak yang datang belajar cara mengelola industri migas. Konon saat itu
“everything was simple” managemen Pertamina memiliki wewenang untuk mengambil
keputusan2 penting secara cepat.

Mungkin saja dengan look at history, cara2 dan filosofi yang dianut pada pionir
industry migas dimasa lalu bisa dijadikan refleksi kita untuk meningkatkan
kegiatan eksplorasi dan masalah2 yang dihadapi IDD, Masela, Tangguh 3 bisa
cepat terselesaikan, sehingga Indonesia tidak perlu impor LNG,.. Wallahu a’lam
bi shawab.

Selamat berakhir pekan.

Salam,
Bambang