Prinsip QOS itu, memberikan sedikit jalur khusus untuk prioritasisasi pada
paket-paket tertentu sehingga lajurnya tidak dikudeta oleh paket lain,
inilah konspirasi kemakmuran. Tapi kalo semua orang berani bayar mahal
walaupun labil ekonomi, hasilnya ya semua jadi VIP, ga ada lagi yang
namanya VIP.

**jadi tervicky gini

Bayangkan seperti jalur busway (rekursip) : awalnya khusus bus transjakarta
only, lalu ditambah APTB, Kopaja AC, ambulans, polisi telat ngantor,
tentara buru-buru, menteri bangun kesiangan, anak jendral berangkat kuliah,
sampe ibu-ibu mau arisan, semua pengen jadi prioritas, bersedia bayar
(malu) segede-gedenya, macet juga kan :)

Pasar mobile datacomm di Indonesia ini unik, susah dicari padanannya buat
studi banding. Bayangkan, aktivitas internetnya terpusat di ibukota, yang
mana salah satu kota terpadat di dunia, dan jaringan akses internetnya
mayoritas disokong oleh mobile broadband. Broadband-nya sendiri abal-abal
karena kebanyakan operator, alhasil band-nya dibagi-bagi kicil2, malu lah
band sekecil itu disebut broad.

Beda dengan kabel yang bisa ditarik ke sana kemari asal punya dana,
spektrum frekuensi itu ga bisa ditambah seenak jidat, walau punya duit
segudang, karena termasuk sumber daya alam yang sangat terbatas sekali.

Maaf cuma segini aja sayanya, ngasih tahu masalah tapi ga ngerti solusinya
gimana :D

--
Rahardianto Seno - 081702RSENO
Case Nexus 7, all Oppo, Lenovo A390, P780, P770, S890, P700i, S720, S880

INDOSAT SUPER 3G plus
http://www.hostune.com